Apa Saja Tugas Operator Sekolah

 ok. di artikel ini saya akan curhat sedikit mengenai tentang OPS (Operator Sekolah), dimana saya sudah menjadi Operator sekolah selama 2 tahun dan saya jujur ada enaknya dan ada tidaknya, enaknya yaitu dapat gaji tambahan setiap bulannya, gak enaknya yaitu terkadang Tugas atau kerjaan operator itu banyak. hehehe, tapi tenang saja? Operator sekolah itu tidak sesibuk yang kamu kira, karena menjadi operator sekolah itu sibuknya hanya 1 tahun 2 kali, apasaja itu? ya yang pertama sibuknya di saat pergantian smester dan tahun ajaraan baru, kenapa kok seperti itu? baiklah saya bahas sedikit berikut ini :


Jadi OPS Operator sekolah apakah enak?

menjadi operator sekolah apakah banyak kerjaan? apakah berat kerjaannya? kalau tidak bisa bagaimana? okee jawabnya enak. dimana mengingat tugas dan tanggung jawab seorang operator sekolah yaitu seperti yang sudah saya katakan diatas dalam 1 tahun hanya sibuk disaat tahun ajaran baru dan pergantian smester. hanya 2 itu saja bulan-bulan sibuknya seorang operator sekolah, kalau di hari hari biasahnya ya sibuknya normal, tapi kalau semua tugas dan kerjaan sudah beres semua ya nganggur, hehe.
tapi tenang saja kalau kamu ingin menjadi seorang operator sekolah saya siap membantu kok, bantunya saya share melalui web ini dan melalui channel youtube saya SHARINGSENET. teman teman operator bisa belajar disana, kita belajar bareng.

Tugas Berat Menjadi seorang Operator Sekolah

tenang saja tidak ada yang berat kok, hanya saja operator sekolah itu adalah mengelola data DAPODIK (data pokok pendidikan) secara offline maupun online. apa itu dapodik? dapodik adalah aplikasi pengolah data pendidikan sekolah kita. aplikasi ini aplikasi offline yang nantinya kita gunakan untuk menginpput data data pendidikan yang ada di dekolah kita lalu setelah input data sudah beres semua baru kita sincron ke pusat secara online.
berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab OPS

  1. Mengeola Aplikasi SPM (Standart Pelayanan Minimal)
  2. Pelayanan Administrasi TU (Tata Usaha)
  3. Mengelola Aplikasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan)
  4. Verivikasi dan Validasi Peserta Didik
  5. Pengajuan KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  6. Mengelola Data Sarpras (Sarana Dan Prasarana Sekolah)
  7. Mengelola Aplikasi BIOUN (Untuk Ujian)
kurang lebihnya itulah tugas dan tanggung jawab dari seorang operator sekolah. gampang kok itu jangan di buat pusing karena semua itu sumbernya dari aplikasi DAPODIK yang sudah saya jelaskan diatas.
oke sekarang ke 7 point diatas kita bahas satu persatu.

  • Mengeola Aplikasi SPM (Standart Pelayanan Minimal)
untuk pengelolaan SPM ini saya sendiri jarang mengak akses website nya dikarenakan alasan dan kebutuhan tertentu saja. akan tetapi dalam pengelolaan SPM ini kita sekalu OPS operator sekolah hanya mengisi data data sesuai data asli atau data yang ada di lapangan sekolah bpk ibu masing-masing dan kita harus mengisinya dengan kondi ril dan jangan meng ada ada, meng ada ada boleh saja asalkan baik untuk pendidikan sekolah kita, hehe

  • Pelayanan Administrasi TU (Tata Usaha)
Tugas operator sekolah juga didominasi oleh tenaga kependidikan atau karyawan TU, sehingga pembuatan SK, surat masuk dan keluar, kearsipan dan tugas lain sebagainya juga harus dikerjakan. dan tentunya yang membuat seperti SK dll nya itu yaitu TU bpk ibu masing-masing di sekolah. kita hanya butuh Nomor Nomor SK, pembagian jam mengajar dll, untuk nantinya kita masukkan ke aplikasi DAPODIK.

  • Mengelola Aplikasi PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan)
PMP ini sangat penting bagi satuan pendidikan, karena dengan PMP ini sekolahan kita akan kelihatan apakah layak Bermutu atau tidaknya kita yang mengisinya, jadi usahakan di isi sebaik baiknya. ya minimal persenannya di atas 83% lah biar sekolahan kita kelihatan bermutu.

  • Verivikasi dan Validasi Peserta Didik
nah untuk yang satu ini kita di suruh untuk menginput data data siswa kita di aplikasi dapodik, mulai nama, tanggal lahir, tempat lahir NISN, nama orang tuan dan lain-lain. setelah selesai input di aplikasi dapodik kita sincronkan ke pusat secara online.

  • Pengajuan KIP (Kartu Indonesia Pintar)
ini kita di minta untuk memasukan data siswa yang memdappatkan KIP di dapodik, tujuannya supaya siswa tersebut akan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa uang tunai yang nantinya akan di transfer ke nomor rekening siswa masing-masing.

  • Mengelola Data Sarpras (Sarana Dan Prasarana Sekolah)
ini juga ada di aplikasi dapodik, kita di suruh input mulai dari tanah bangunan, gedung gedung sekolah, sarana prasarana kursi, meja, ruangan dan lain-lain, 

  • Mengelola Aplikasi BIOUN (Untuk Ujian)
pendataan BIOUN untuk siswa kelas 3 ini biasanya di input secara online melalui website nya BIOUN pemerintah, data ini biasanya di ambil dari sumber aplikasi dapodik yang telah bapk ibu sincron.


jadi kesimpulannya yaitu menjadi operator sekolah yaitu memili peran penting gajian atau tidaknya guru guru itu di tangan operator sekolah, kenapa? karena cair atau tidak nya bantuan BOS, PSG dll ada di tangan Operator sekolah, intinya satu, sinkronisasi, itu saja, dan saya sarankan ambil saja kalau ada tawaran menjadi operator sekolah.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Tugas Operator Sekolah"