cara mendapatkan nuptk

artikel ini membahas bagaimana caranya mengajukan NUPTK atau bagaimana cara mendapatkan NUPTK bagi guru, tentunya cara yang sangat cepat untuk mendapatkan NUPTK.

seperti yang kita ketahui bahwa NUPTK sangatlah penting baik bagi guru negeri maupun honorer. untuk itu bagi bapak ibu yang sudah mengajar di sekolah baik jenjang SD/SMP/SMA/SMK haruslah mencari yang namanya NUPTK.

Apa Itu NUPTK?

NUPTK yaitu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dimana NUPTK Sangat penting bagi bapak ibu agar bisa mengikuti seleksi PPG Pra Jabatan Bagi guru honorer, atau yang baru baru ini yaitu NUPTK sangat penting untuk seleksi PPPK atau P3K, PPPK itu sendikan seleksi Pegawai Negeri dengan system kontrak dengan pemerintah. syaratnya yaitu menjadi guru dan masuk di dapodik sekolah.

Cara Mendapatkan NUPTK

berikut ini adalah caranya mengajukan dan mendapatkan NUPTK dengan cepat dan pasti di setujui dinas provinsi dan dinas Pusat.

Syarat yang harus Kamu penuhi untuk mengajukan NUPTK

  1. sudah mengajar sedikitnya 2 tahun
  2. mendapatkan SK Pembagian Tugas 2 tahun terakhir (SI Scan format .pdf)
  3. Memiliki E-KTP (Di Scan format .jpg)
  4. Ijazah SD/SMP/SMK/SMA/D3/S1/S2/S3 (di Scan format .pdf)
  5. SK Provinsi (Bagi yang punya), jika belum punya minta di buat kan dinas Provinsi

bagaimana jika syarat diatas sudah terpenuhi semua?

silahkan berkas discant di jadikan format pdf dan jpg. untuk SK Pembagian tugas 2 tahun terakhir di scan jadikan 1 file pdf.
untuk ijazah di scan 1 persatu pisahkan per jenjang ijazah

Bagaimana jika syarat diatas Ada Salah satu yang tidak terpenuhi?

Ya tentunya tidak bisa. kenapa? karena sudah peraturan kemdikbud seperti itu. untuk itu bagi kamu yang ingin mengajukan dan mendapatkan NUPTK ya seluruh syarat diatas harus di penuhi terlebih dahulu.

Cara Mengajukan NUPTK (Untuk OPS)

ok sekarang kita akan lanjut ke cara mengajukan NUPTK Bagi Guru dan Tendik
  • pada gambar diatas akan terlihat semua guru dan tendik yang belum meiliki NUPTK, silahkan kamu pilih mana yang akan di ajukan
  • kemudian akan tampil jendela pengajuan seperti gambar berikut
  • silahkan kamu upload dan lengkapi file-file pengajuan nuptk nya seperti SK Pengangkatan dan Penugasan 2 Tahun Terakhir, Ijazah SD, SMP, SMA, Ijazah S1/D4
  • selesai

Bagaimana Jika sudah mengajukan apa yang harus dilakukan?

yang perlu kamu lakukan adalah tinggal menunggu persetujuan dari dinas provinsi dan dinas pusat.
selain menunggu yang harus kamu lakukan adalah selalu memantaunya melalui :
  • Klik Menu Status pengajuan NUPTK
  • kemudian di bagian daftar sebelah kanan akan kelihatan status pengajuan mu, sudah terbit atau belum akan kelihatan jelas.
  • tunggu minimal 1 bulan dari pengajuan sampai 6 bulan (tergantung dinas pusat). biasanya tidak sampai 1 bulan sudah di setujui kalau pesyaratan kamu lengkap

Bagaimana Jika Pengajuan NUPTK nya di tolak dinas ?

jika status mengajuan kamu di tolak ya di perbaiki lagi, tenang saja masih bisa mengajukan ulang kok. nanti di status penolakan akan kelihatan apa kekurangan nya. nah di situlah kamu harus perbaiki.
setelah dirasa Siap. baru ajukan NUPTK lagi sampai di terima oleh dinas pusat.

ok jangan pernah menyerah. di artikel berikutnya saya akan membuat artikel Apakah Menjadi OPS (Operator sekolah itu enak?)

Jangan Lupa SUBSCRIBE ya channel Youtube saya

Posting Komentar untuk "cara mendapatkan nuptk"