cara membuat kabel utp straight dan cross disertai gambar

pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat koneksi kabel utp straight dan cross untuk jaringan LAN


#pengertian kabel Straight


Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.

Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:


#pengertian kabel Cross


Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan

ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalahsusunan standar kabel cross over.


#cara membuat kabel Straight dan Cross Over


untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu anda siapkan terlebih dahulu, yaitu:


  • kabel UTP

  • Connector RJ-45
ini biasa disebut dengan kepala. conektor ini silahkan beli sendiri di tempat penjualan barang elektronik komputer/tempat service komputer, harga dari conektor ini kisaran 1000 dapat 3, tergantung yang jual.
  • Crimping tools
biasa di sebut dengan tang krimping, tang ni bukan sembarang tang ya, karena fungsi dari tang ini untuk mengrimping kabel UTP ke RJ-45.
silahkan beli sendiri di tempat penjualan barang elektronik komputer/tempat service komputer, harga dari tang krimping ini kisaran 40.000 sampai ratusan ribu.




  • RJ-45 LAN Tester
ini berfungsi untuk menguji apakah kabel UTP yang telah kita buat ke Rj-45 sudah benar atau belum.
harga dari lan tester ini kurang lebih sekitar 35.000 sampai ratusan ribu

setelah bahan-bahan diatas sudah anda siapkan, silahkan mulai membuatnya.


langkah-langkah pembuatan kabel LAN UTP Straight


  • Kupas ujung kabel sekitar 2 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
  • Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain, (ingat motongnya harus RATA)
Susunan kabel UTP tipe straight bisa Anda lihat pada gambar di bawah:
Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:


  1. Orange Putih pada Pin 1
  2. Orange pada Pin 2
  3. Hijau Putih pada Pin 3
  4. Biru pada Pin 4
  5. Biru Putih pada Pin 5
  6. Hijau pada Pin 6
  7. Coklat Putih pada Pin 7
  8. Coklat pada Pin 8.
Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack. setelah diarasa kabel utp sudah masuk mentok ke conektor rj-45 silahkan anda crimping dengan menggunakan tang crimping. dan selanjutnya silahka anda coba dengan LAN tester.


langkah-langkah pembuatan kabel LAN UTP Cross


cara memasang kabel UTP tipe cross. Cara pemasangan kabel UTP tipe cross hampir sama dengan memasang kabel UTP tipe straight. Mengenai teknis pemasanganya sama seperti tadi. Perbedaanya adalah urutan warna kabel pada ujung kabel yang kedua. Untuk ujung kabel pertama, susunan kabel sama dengan susunan kabel UTP tipe straight yaitu:

  1. Orange Putih pada Pin 1
  2. Orange pada Pin 2
  3. Hijau Putih pada Pin 3
  4. Biru pada Pin 4
  5. Biru Putih pada Pin 5
  6. Hijau pada Pin 6
  7. Coklat Putih pada Pin 7
  8. Coklat pada Pin 8.
silahkan uji dengan LAN Tester


#Kesimpulan Penting!!!


jadi jika Anda memasang kabel UTP tipe straight maka susunan warna pada kedua ujung kabel adalah sama. Sedangkan cara pemasangan UTP tipe cross, susunan warna ujung kabel pertama berbeda dengan unjung kabel kedua. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyala semua setiap led dari nomor 1 sampai 8.

Posting Komentar untuk "cara membuat kabel utp straight dan cross disertai gambar"