Cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi

 kursor laptop tidak berfungsi, kursor laptop tidak bergerak, touchpad laptop tidak bergerak, touchpad laptop tidak berfungsi. baik di laptop acer, asus, lenovo, toshiba dan lain-lain. okee dari permasalahan kursor atau touchpad laptop tidak bisa berfungsi atau  tidak bergerak yaitu berdasarkan pengalaman saya yang sering menangani masalah itu biasanya ada 3 Faktor Penting, diantaranya yaitu driver Taouchpad/kursor belum terinstal, Pengaturan BIOS salah, dan terakhir yaitu kerusakan perangkat keras pada touchpad/kursor itu sendiri. namun kerusakan pada perangkat keras kursor sangat jarang terjadi, umumnya yaitu driver IO kursor belum terinstall dan Pengaturan di BIOS masih salah? Lali bagaimana cara mengatasinya? silahkan ikuti dan praktik kan langsung langkah-langkah dari saya berikut ini :

Pastinya jika kursor atau touchpad laptop tidak berfungsi kalian galau kan? hehee
berikut adalah cara mengatasinya.

Cara Ke 1

pada cara yang pertama ini yaitu kita akan cek driver IO si kursor atau touchpadnya.
seperti yang kita ketahui bahwa driver mempunyai peran penting dalam berjalannya suatu hardware atau perangkat keras laptop, tidak ada driver ya sistem laptop tidak akan jalan.
  1. Silahkan kamu masuk/buka explore (itu loh yang biasa kamu buka sewaktu kamu mau nyimpan/buka dokumen)
  2. kemudian silahkan klik Kanan My Computer atau This PC
  3. pilih Manage Tunggu sampai tampilan manage terbuka
  4. jika sudah terbuka kemudian silahkan klik Device Manager
  5. lalu pada daftar device silahkan pilih/klik Mice And Other Pointing Devices
  6. pastikan ada HID-Compliant Mouse (Biasanya ada 2)
  7. jika ada berarti driver nya sudah terinstall, jika belum ada berarti driver mouse/touchpad nya belum terinstall dan kamu harus download drivernya dahulu di internet banyak tinggal sesuaikan saja dengan merek laptop kamu
demikian cara yang pertama diatas memastikan bahwa bahwa driver IO (Input output) mouse/touchpad/kursor sudah terinstall. jika driver IO sudah terinstall tapi kursor kok belum bisa juga maka lanjut ikuti cara ke 2 berikut ini.

Cara Ke 2

Cara yang kedua ini yaitu mengecek pengaturan BIOS, Apa Itu BIOS? Bios itu pengaturan terdalam dari suatu perangkat laptop/komputer, dan pengaturan BIOS ini sering saya lakukan sewaktu saya mau install ulang sistem operasi windows.
oke langsung saja kita cek dengan langkah sebagai berikut :
  1. silahkan restart laptop kamu
  2. sewaktu restart masih berjalan silahkan kamu tekan tombol keyboard f2 atau f10, atau f 12 (Pilih salah satu saja / sesuaikan merk laptop kamu, karena setiap laptop masuk bios nya berbeda-beda) tekan berkali kali sampai masik bios
  3. jika bingung tampilan BIOS seperti apa silahkan lihat Video saya lewat Link https://www.youtube.com/watch?v=WD32Xa9MjP8
  4. setelah Pengaturan BIOS nya terbuka silahkan arahkan ke menu advance
  5. pilih dan gantilah menjadi mode advance
  6. exit an save
  7. selesai
  8. maka nanti laptop kamu akan restart dan biarkan hidup kembali
silahkan coba apakah sudah bisa atau belum, jika tetap tidak bisa maka kita akan lanjut ke cara yang ke tiga yaitu membongkar laptop dan mengecek kabel flexibel kursor/touchpad nya masih berfungsi dengan baik atau belum atau bahkan tidak terpasang dengan benar.

Cara Ke 3

cara yang ke tiga ini yaitu mengecek perangkat keras/hardware si kursor/touchpad nya.

jika kamu kurang yakin atau tidak bisa membongkar laptop silahkan lihat Channel Youtube saya saja, Nama Channelnya SHARINGSE NET, Jangan Lupa Di SUBSCRIBE ya... Karena subscribe GRATISS.

1 komentar untuk "Cara mengatasi kursor laptop tidak berfungsi"

  1. Ling langgangganan artikelnya tidak bisa bos, saya sudah memasukan email saya tapi halaman nya eror

    BalasHapus