perbedaan delete dengan format

mungkin banyak diantara kalian yang tidak mengetahui perbedaan antara delete dengan format. padahal didalam delete dengan format adalah jelas berbeda, perbedaanya sewaktu kalian menghapus data atau memformat hardisk/flashdisk.
lalu apa perbedaanya?


#perbedaan delete dengan format


format ==> mengembalikan ke keadaan awal, contohnya : kita memformat hardisk maka akan kembali ke awal yaitu kosong (tanpa data).

delete ==> menghapus data yg diinginkan, kita bisa memilih data-data yg ingin dihilangkan, contohnya : jika anda menghapus/delete data yang ada di komputer kalian data tersebut masih bisa di kembalikan.
namun perlu di ketahui bahwa jika anda hanya mengdeletenya saja, maka yang terjadi adalah data tersebut hanyalah akan menjadi sampah sehingga bisa menyebabkan komputer kalian menjadi lambat/lelet.
jadi jika anda mendelete file supaya benar-benar bisa hilang/bersih tidak menjadi sampah delete lah dengan menekan tombol shift+delete.

lalu apa ada perbedaan antara delete dengan shift+delete? jawabnya adalah ada.


#perbedaan DELETE dengan SHIFT + DELETE pada saat kita menghapus data di komputer/laptop


Pada windows untuk menghapus data secara umum bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menekan tombol Delete (Del) ataupun dengan menekan tombol SHIFT + Delete. Nah, apa yang menjadi perbedaan kedua perintah tersebut ? Bukankan berfungsi untuk sama-sama menghapus data ? Kedua perintah tersebut memang berfungsi untuk menghapus data akan tetapi memiliki perbedaan yang cukup besar saat data dihapus.



#Delete

Pada saat menghapus dengan tombol Delete , data sebenarnya hanya dipindahkan sementara pada tempat pembuangan sampah yang dikenal dengan sebutan " Recycle bin ". Data yang ada di Recycle Bin dapat diambil sewaktu-waktu (restore).



#SHIFT + Delete

Pada penghapusan data dengan menggunakan perintah SHIFT + Delete , data secara permanen akan benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan (restore). Coba saja anda lihat di recycle bin pasti data yang baru dihapus tadi tidak ada.

Saya berharap untuk menghapus data pada komputer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Akan tetapi jangan sampai salah menghapus karena data yang dihapus dengan SHIFT + Delete kemungkinan besar tidak akan bisa dikembalikan meskipun menggunakan tools recovery data yang baik sekalipun.


#kesimpulan

jika anda mau menghapus data yang ada pada komputer bersih/hilang tanpa tersisa (tidak menjadi sampah) hapuslah dengan menggunakan tombol keyboard shift+delete.

namun jika anda menghapus data untuk nantinya data bisa dikembalikan, silahkan tekan delete saja tanpa shift. (namun ingat. jika data tersebut tidak dibesihkan maka akan menjadi sampah yang menyebabkan komputer/laptop anda menjadi lemot).


INGAT!!! jangan sampai anda salah menghapus data terus menerus, sebab akan menjadi sampah yang bisa menyebabkan laptop/komputer anda lemot

Posting Komentar untuk "perbedaan delete dengan format"