memahami sorting dengan metode bubble sort pada bahasa c

kali ini saya akan menjelaskan tentang sorting didalam bahasa pemrograman c++.

Bubble Sort

pengurutan (sort) yaitu proses pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak sehingga menjadi tersusun secara teratur menurut suatu aturan tertentu. sort bisa naik ataupunn turun.

metode pengurutan gelembung bubble sort di inspirasikan oleh gelembung sabun yang berada di permukaan air. karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan dari pada berat jenis air, maka gelembung sabun selalu terapung keatas permukaan. prinsip diatas dipakai pada pengurutan gelembung .
bubble sort metode gelembung adalah metode atau algoritma pengurutan dengan cara  melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. jika tidak ada perubahan berarti itu artinya data sudah terurut. disebut penguruan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

kelebihan bubble sort

- metode bubble sort merupakan metode yang paling simple
- metode bubble sort algoritmanya mudah untuk dipahami

kelemahan bubble sort

meskipus simple, metode bubble sort merupakan metode pengurutan yang paling tidak efisien. kelemahan bubble sort adalah pada saat mengurutkan data yang sangat besar akan mengalami kelambatan yang sangat luar biasa, atau dengan kata lain kinerja memburuk cukup signifikan ketika data yang di olah jika data cukup banyak. 
kelemahan lain yaitu jumlah pengulangan akan tetap sama jumlahnya walaupun data sesungguhnya sudah cukup terurut. hal ini disebabkan setiap data dibandingkan dengan setiap data yang lain untuk menentukan posisinya.

algoritma bubble sort


  1. membandingkan data ke i dengan data ke (i+1) (tepat bersebelahan). jika tidak sesuai maka tukar (data ke i = data ke (i+1) dan data ke (i+1) = data ke i). apa maksudnya tidak sesuai?? jika kita menginginkan algoritma menghasilkan data dengan uruan ascending (A sampai Z) kondisi tidak sesuai adalah data ke i > data ke i+1, begitu juga sebaliknya untuk urutan descending dari (A sampai Z).
  2. membandingkan data ke i+1 dengan data ke i+2, kita melakukan pembandingan ini sampai data terakhir. contoh : 1 dengan 2; 2 dengan 3; 3 dengan 4; 4 dengan 5....; n-1 dengan n.
  3. selesai iterasi, adalah jika kita sudah selesai membandingkan antara (n-1) dengan n. setelah selesai satu iterasi kita lanjutkan lagi iterasi berikutnya sesuai dengan aturan ke 1. mulai dari data ke 1 dengan data ke 2, dari data ke 2 dengan data ke 3, dan seterusnya.
  4. proses akan berhenti jika tidak ada pertukaran dalam satu iterasi.

demikianlah penjelasan mengenai bubble sort dan cara penyelesaian bubble sort, semoga bisa dipahami.

Posting Komentar untuk "memahami sorting dengan metode bubble sort pada bahasa c"