memahami sorting dengan metode selection sort pada bahasa C

jika pada tutorial sebelumnya saya membahas tenteng sorting dengan metode buuble sort, kali ini saya akan melanjutkan menjelaskan tentang sorting dengan metode selection sort.

Selection Sort

pengertian dari selection sort adalah mencari element yang tepat untuk diletakan di posisi yang telah diketahui, dan meletakannya di posisi tersebut setelah data tersebut ditemukan. selection sort membandingkan elemen yang sekarang dengan elemen yang berikutnya sampai dengan elemen yang terakhir. jika ditemukan dengan elemen lain yang lebih kecil dari elemen sekarang maka dicatat posisinya dan kemudian ditukar.
pengurutan data dalam struktur data sangat penting untuk data yang bertipe data numeric ataupun karakter. pengurutan dapat dilakukan secara ascending (urut naik) dan descending (urut menurun), pengurutan sort adalah proses menyusun kembali data yang sebelumnya telah disusun dengan suau pola tertentu, sehingga tersusun secara teratur menurut aturan terentu.

contoh :
data acak : 5, 6, 8, 1, 3, 25, 10 disusun menjadi
Ascending : 1, 3, 5, 6, 8, 10, 25 <=urut naik
Descending : 25, 10, 8, 6, 5, 3, 1 <=urut menurun

konsep selecion sort algoritma pengurutan sederhana salah satunya yaitu selection sort. ide dasarnya adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksian elemen struktur data. untuk sorting ascending (urut menaik), elemen yang paling kecil diantara elemen-elemen yang belum urut, disimpan indexnya, kemudian dilakukan pertukaran nilai elemen dengan index yang disimpan tersebut dengan elemen yang paling depan yang belum urut, kemudian sebaliknya untuk sorting descending (urut menurut) elemen yang paling besar yang disimpan index nya kemudian ditukar.

selection sort diakui karena algoritmanya sederhana dan performanya lebih bagus dari pada algoritma lain yang lebih rumit dalam situasi tertentu. algorima ini bekerja sebagai berikut :


  1. mencari nilai minimum (jika ascending), atau maksimum jika (descending) dalam sebuah list.
  2. menukarkan nilai ini dengan elemen pertama list
  3. mengulangi langkah diatas untuk sisa list dengan dimulai pada posisi ke dua

contoh untuk mengurutkan data secara Ascending ( urut menaik) dari data terkecil ke terbesar.


kemudian untuk Descending (urut menurun) dari data terbesar ke terkecil kurang lebih caranya sama, hanya saja cara mengurutkannya di balik



Posting Komentar untuk "memahami sorting dengan metode selection sort pada bahasa C"