cara membuat flashdisk menjadi bootable windows dengan rufus

cara membuat botable dengan ruvus, membuat bootable flasdisk dengan ruvus, membuat media installasi windows di flasdisk dengan ruvus.  itulah kata kunci yang banyak di cari di google.
baiklah kali ini saya akan memberikan tips cara membuat bootable sistem operasi OS windows dengan menggunakan ruvus dan flasdisk, lalu apa bootable itu? bootable yaitu layanan yang ada pada setiap OS sistem operasi yang ditempatkan pada penyimpanan seperti flashdisk, cd.dvd dll.
Dengan membuat media installasi OS windows atau linux, kita bisa install sendiri system operasi tanpa membayar jasa orang lain, caranya sangatlah mudah, bagi yang penasaran dan ingin berkembang silahkan simak dan praktikkan tutorial dari saya berikut ini:

Cara Membuat media install ulang windows di flasdisk dengan Ruvus

  • siapkan flasdisk berukuran minimal 8Gb (dibawah 8 gb tidak bisa)
  • sediakan file windows atau sistem operasi yang anda ingin buat, jangan lupa file harus sudah berbentuk ISO
  • Format flasdisk yang akan anda jadikan bootable installasi windows, (jika flasdisk anda ada datanya silahkan di backup/pindah dulu).
  • Kemudian buka software rufus, disini saya menggunakan rufus 2.7, maka akan terlihat sbb:
Keterangan gambar:
Pada gambar diatas terdapat
Device : pilih nama flasdisk anda
Partition scheme and target system type : pilih yang MBR partition
File system : pilih NTFS
Cluster size : pilih default saja, yaitu 4096 byte
New volume : terserah anda mau dinamai apa
Format options : pastikan seperti gambar diatas

Setelah dirasa semuanya benar, silahkan anda Klik logo dvd 
  • Maka anda nanti akan masuk ke explorer, kemudian anda cari dimana lokasi windows/sistem operasi yang ingin anda konfersi, ingat sistem operasi harus berformat .ISO, jika belum berformat .iso maka file tidak bisa terdeteksi, maka untuk itu silahkan anda konversi terlebih dahulu file OSnya dengan menggunakan aplikasi powerISO atau ultraIso dan sejenisnya.

Pada gambar diatas anda cari file windows  yang sudah dibuat ISO, setelah ketemu silahkan klik Open
  • Setelah anda klik Open, kemudian silahkan anda klik start untuk memulainya dan tunggu prosesnya hingga selesai. tunggu hingga finish
  • jika sudah selesai flasdisk anda sudah siap digunakan sebagai bootable OS windows (untuk installasi windows)

dengan cara didatas anda bisa mmbuat media installasi OS apa saja yang anda inginkan menggunakan flashdisk, entah itu linux atau windows.

PENTING...!
untuk MBR yaitu pasangannya NTFS
untuk GPT yaitu pasangannya FAT32

lalu apa maksud dari GPT dan MBR? jika kamu tidak tahu silahkan baca di artikel saya berikut ini : https://www.dunia-belajar.com/2021/08/cara-mengetahui-partisi-hardisk-laptop.html

#Download Rufus

untuk cara membuat bootabel installasinya yaitu dengan aplikasi Ruvus, Kalian Bisa download aplikasi nya melalui link ini : https://rufus.ie/en/
aplikasinya sangat kecil kok, cuman 1.1Mb saja, silahkan di download kemudian colokan flasdisk kamu lalu jalankan di laptop/komputer kamu,

Versi Youtube :

untuk cara membuat bootable flasdisknya silahkan kunjungi: youtube saya, Nama Channel nya SHARINGSE NET. Jangan lupa di SUBSCRIBE ya..
atau bisa kalian lihat melalui link ini : youtube.com/c/sharingsenet

1 komentar untuk "cara membuat flashdisk menjadi bootable windows dengan rufus"