cara berbagi printer agar bisa digunakan banyak komputer

 tutorial kali ini saya akan membagikan trik bagaimana caranya membagikan 1 satu printer supaya bisa di gunakan oleh banyak komputer atau laptop sekaligus, jadi nanti system nya antri, siapa yang print duluan dia yang akan keluar dan yang lain nya akan antri,

ada beberapa alat yang mesti kalian persiapkan yaitu :

  1. 1 Unit printer
  2. 1 komputer server
  3. 1 atau lebih komputer / laptop
  4. Switch/Hub
  5. Kabel LAN (Local Area Connektion) type straigh

1 unit printer

1 unit printer ini nantinya yang akan kita gunakan untuk setting di computer server. dan type/merk printernya yaitu terserah kalian. printer merk apa saja bisa di gunakan.

1 komputer server

komputer server ini nantinya yang akan kita setting untuk membagikan driver printer yang akan kita bagikan ke client laptop/komputer. komputer server ini nantinya sebagai kendali untuk mengontrol seluruh client yang ingin menggunakan printer.

1 atau lebih komputer/laptop

untuk client ini kalian bisa gunakan kedua duanya yaitu baik komputer maupun laptop, asal total keseluruhan client yaitu 244. 1 komputer server hanya bisa menangani 244 unit komputer/laptop client, tidak bisa lebih dari 244.

Switch/HUB

fungsi dari alat ini yaitu untuk menghubungkan masing-masing port dari komputer server ke komputer client, tanpa menggunakan alat ini tertunya kita tidak bisa sharing printer ke banyak komputer / laptop client. jadi alat ini wajib di gunakan.

Kabel LAN (Local Area Connektion) type straigh

fungsi dari kabel LAN ini nantinya yaitu untuk menghubungkan dari computer server ke komputer/laptop client, kabel ini nantinya di colok kan ke masing-masing port di switch/hub.

oke , jika seluruh alat dan bahan diatas sudah kalian persiapkan selanjutnya kita akan mulai setting/konfigurasi.

Setting dan konfigurasi cara membagikan 1 printer untuk banyak komputer/client

langkah ini yaitu kita akan seting pertama yaitu komputer Server
seperti yang kita ketahui diatas bahwa peran komputer server yaitu untuk mengontrol jalannya proses printer yang nantinya akan di bagikan ke seluruh client.
untuk cara seting dan konfigurasinya kalian bisa kunjungi link ini https://youtu.be/mAlyWScdXJM


langkah selanjutnya kita seting komputer/laptop yang akan kita jadikan client
untuk cara setting dan konfigurasinya kalian bisa lihat di video melalui link ini juga https://youtu.be/mAlyWScdXJM


demikian caranya berbagi 1 unit printer agar bisa di gunakan oleh banyak laptop atau komputer. jika ada yang kurang jelas bisa hubungi saya via facebook atau instaram, atau bisa kunjungi website saya dunia-belajar.com.
sekian dan terimakasih semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Posting Komentar untuk "cara berbagi printer agar bisa digunakan banyak komputer"