Cara Membuat Ujian Sekolah Berbasis Android dan Komputer Offline

Okee ditutorial kali ini saya akan membahas dan membagikan tips bagaimana cara Seting Aplikasi Offline (tanpa internet) Ujian Sekolah Berbasis Android, komputer maupun laptop dengan mudah. Untuk Gambar Simulasinya bisa Kalian lihat seperti berikut ini :

Penjelasa dari Simulasi pada gambar diatas adalah :

saya memiliki sebuah aplikasi web ujian yang berada di dalam komputer server. aplikasi web ujian sekolah yang ada di dalam komputer server tersebut nantinya akan di akses oleh Laptop, Komputer dan juga HP Android. untuk Laptop sebanyak 25 Unit, Untuk Komputer Sebanyak 37 Unit, dan Untuk Hp Android sebanyak 50 Unit.

berarti total untuk perangkat kompter dan laptop sebannyak 62 Unit dan Hp Android 50 Unit.

untuk perangkat laptop dan komputer kita akan konfigurasa/setting dengan alamat ip MANUAL, sedangkan HP dengan alamat ip OTOMATIS.

semua perangkat tersebut nantinya akan mengakses aplikasi ujian sekolah yang berada di server dengan Kondisi Server dan Client baik Laptop, Komputer dan Hp android dalam posisi OFFLINE/Tidak menggunakan akses internet sama sekali.

ALAT-ALAT YANG BERLU DI PERSIAPKAN :

  1. komputer server 1 unit minimal intel corei5 Ram 4 Gb, lebih besar semakin bagus
  2. laptop 25 unit (nantinya untuk client siswa)
  3. komputer 37 unit (nantinya untuk client siswa juga)
  4. hp android 50 unit (nantinya untuk client siswa juga)
  5. switch/hub 2 atau 3 unit, satu unitnya muat kabel LAN 24 port
  6. akses point 1 unit (untuk pemancar sinyal wifi nya nanti) untuk client siswa HP Android
  7. aplikasi web ujian (Belum Punya?) Buat sendiri atau Beli (Bisa Beli di tempat saya, hubungi saya saja jika perlu aplikasinya)
  8. aplikasi XAMPP (download di internet)

lalu Bagaimana cara setting atau mengatur jaringannya? Gampang dan Sangat Mudah. untuk caranya Yaitu Sebagai Berikut :

CARA SETTING APLIKASI UJIAN SEKOLAH SUPAYA BISA TERHUBUNG KE HP ANDROID, LAPTOP DAN KOMPUTER :

Cara yang pertama (Bagian Komputer Server)

  1. pada bagian komputer server silahkan kalian install dahulu aplikasi XAMPP (Download di google)
  2. pastikan aplikasi ujian sekolahnya sudah kamu taruh di folder Local C, Xampp, Htdocs
  3. lalu silahkan buka aplikasi XAMPP yang sudah kamu download dan install tadi
  4. klik Start pada Aphace dan Mysql
  5. selanjutnya silahkan pergi ke Control panel, Klik Network and Internet, Klik Network and Sharing Center, Klik Change adapter settings
  6. kemudian Pada Ehernet/Local Area Connection klik Kanan pilih Properties, lalu klik dua kali pada Internet protokol connection versi 4 (tcp/ipv4)
  7. pilih Use the following ip address lalu isikan alamat Ip 192.168.0.1
  8. lalu pada subnet mask isikan 255.255.255.0
  9. kemudian Klik OK
  10. selesai
Setting pada komputer Server sudah selesai, selanjutnya kita akan setting pada client laptop dan komputer

Cara yang ke dua (Bagian Laptop dan Komputer Client)


sebenarnya untuk cara ini yaitu sama saja pada cara yang pertama yaitu langkah-langkahnya di mulai pada point 5 cara yang pertama diatas.
Perlu Diketahui dan sangat penting bahwa :
  1. lakukanlah satu persatu pada setiap laptop dan juga komputer
  2. setiap laptop atau komputer Alamat IP nya TIDAK BOLEH SAMA dengan IP Komputer Server, Kalau Subnet Mask nya di isikan Sama saja
  3. jika IP komputer server 192.168.0.1 maka setiap Laptop atau Komputer harus di setting secara berurutan dengan alamat IP 192.168.0.2 dan seterusnya, INGAT Yang kalian Ganti Cuma Ujung IP nya Saja (2, 3, 4, 5 sampai 62, karena laptop dan komputer kita sebanyak 62 unit ). sisa Alamat IP nanti kita gunakan untuk di HP Android .
  4. ingattt batas maksimal Alamat IP sampai 254 IP.
saya kira kalian sudah paham semua ya untuk setting kedua langkah diatas. Okeee selanjutnya kita akan setting pada bagian HP Android nya.

Cara Yang ke Tiga (Bagian HP Android)

Dibagian yang terakhir ini sangat mudah dan simpel kenapa? karena pada android ini kita tidak perlu setting secara manual seperti cara yang pertama dan kedua diatas. akan tetapi di hp android ini alamat IP nya kita seting secara otomatis. dengan bantuan Akses Point (pemancar sinyal wifi) wifinya OFFLINE Tidak ada internetnya.
lalu bagaimana caranya ?
  1. siapkan Akses Point/alat untuk memancarkan sinyal wifi bisa gunakan TOTOLINK Cp300, TPLINK Tlwr840n, CPE220 dan lain-lain, jika tidak punya bisa beli dulu.
  2. dalam kasus ini saya menggunakan Akses Point Tp Link Tlwr840n (cara setting lihat di youtube saya) channel nya SHARINGSE NET
  3. untuk alamat ip settinglah atau aturlah dengan alamat IP Address 192.168.0.63 kenapa kok 63? karena alamat IP ujungnya 1-62 sudah di gunakan komputer server, laptop dan komputer. Jadi tidak boleh di pakai lagi.
  4. akses point di setting otomatis jangan manual, agar jika setiap Hp Android konek ke wifi yang kita buat akan mendapat alamat ip otomatis.
  5. Setting selesai.
selamat... kamu sudah berhasil melakukan setting aplikasi ujian offline berbasis laptop, komputer dan hp android dengan sukses, sehingga aplikasi yang berada di komputer server sudah bisa di gunakan untuk ujian siswa.
jika kalian masih bingung dengan artikel ini bisa dilihat di channel Youtube saya dengan Nama Channel : SHARINGSE NET dengan Judul "Cara Seting Aplikasi Offline Ujian Sekolah Berbasis Android Komputer Dan Laptop Dengan XAMPP"


Jika berminat aplikasinya, teman-teman bisa hubungi saya Via Instagram ya, arief_01

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ujian Sekolah Berbasis Android dan Komputer Offline"