Cara Buat Website Sendiri

 baiklah sesuai judulnya yaitu cara membuat web sendiri, oke.. sebenarnya jika kamu sudah memiliki email maka kamu sudah memiliki website, loh kok begitu? jawab nya yaitu iya. kenapa? padahalkan saya belum pernah membuat website. betull itu karena kamu belum membuat website? nah membuat website itu sebenarnya gampang, kamu tinggal membuka alamat, blogger.com terus login menggunakan email kamu dan di sana kamu sudah bisa memulai membuat website TAPiii website kamu masih berdomain dengan embel-embel ujungnya blogspot.com/blogspot.co.id contoh jika kamu menggunakan platform blog maka nanti nama web kamu masih paijo.blogspot.com, Paijo itu nama web kamu lo,, apakah bisa di rubah? Bisa.  cara merubahnya bagaimana, yaitu dengan cara membeli domain. apa itu domain? domain itu istilah awamnya yaitu nama.

lalu membeli domain nya dimana? ya di provider/penyedia layanan hosting dan domain, seperti di niagahoster, rumahweb, idwebhost dan lain-lain, kamu bisa membelinya di situ.

ingat.. jika kamu membuat website menggunakan platform milliknya google yaitu blogspot makan kamu tidak perlu membeli hosting, tapi cukup membeli domain saja. tapiii jika kamu membuat website di platform wordpress, joomla, dll maka kamu wajib membeli hosting dan domain.

loh kok ada kata hosting, apa itu hosting? hosting itu kata awamnya yaitu penyimpanan kalau di komputer itu hardisk, bedanya yaitu hosting itu penyimpanan online jadi website mu nanti bisa di akses siapa saja dan kapan saja.

okee, apakah sampai disini sudah bisa di pahami? jika sudah paham maka saya akan lanjut membahas mengenai kedua platform tersebut yaitu, blog dan wordpress

sebelum saya lanjut ke pembahasan bahwa ada beberapa hal yang perlu kamu tanyakan dahulu kepada dirikamu terlebih dahulu? Apa Tujuan Kamu membuat Website, Untuk Apa? itu pertanyaan yang bisa menjawab hanya kamu sendiri.

saran saya, kalau hanya sekedar website untuk menulis artikel dan pengalaman kamu pakailah platform blogger saja karena gratiss, namun jika ingin mengganti nama blog menjadi nama domain sendiri dan supaya nama blogspot.com nya hilang kamu wajib membeli domain. TAPII jika website tersebut untuk perusahaan atau kantor silahkan gunakan platform worpress tapi kamu harus membeli domain dan hosting nya.

Apakah Ada Untungnya memiliki website? jawab nya yaitu ada? salah satunya yaitu untuk mencari uang di internet, cara mencari uangnya bagaimana? ya dengan mendaftarkan blog/web kamu ke google adsense.com ( untuk cara mendaftar kannya nanti akan saya bahas di tutorial berikutnya),untuk sekarang yang penting kamu buat websitenya dahulu baru memikirkan caranya menghasilkan uang melalui blog/website.

Membuat Website sendiri di platform blogger

oke, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa jika menggunakan media platform miliknya blogger yaitu gratiss. kamu cukup kunjungi website www.blogger.com dan kamu daftar di sana lalu download tema gratisan/yang berbayar kamu tinggal desain tema blognya sesuai keinginan kamu sendiri maka kamu sudah punya website, tapi websitenya masih ada embel-embel blogspot.com/blogspot.co.id, untuk cara menghilangkan embel-embel blog tersebut kamu wajib membeli domain, ingat domain nya saja ya jangan membeli hosting. sebab jika kamu memakai platform blogspot tidak perlu menyewa/membeli hosting.

Membuat Website sendiri di platform wordpress, joomla, dll

sebenarnya membuat website sendiri di platform wordpress yaitu gampang gampang susah, bagi kalian yang sudah familier dengan wordpress saya anjurkan menggunakan platform ini, tapi bagi kalian yang mungkin masih pemula atau belum pernah mencobanya saya sarankan menggunakan plstform blogspot saja.
di platform wordpress maupun joomla sendiri yaitu kalian bisa mendesain web dengan gampang dan mudah dan bisa mengatur website sesuai dengan keinginan kamu sendiri namun bagi saya agak sedikit rumit dan dan butuh hosting serta domain. membeli/menyewa hosting dan domain sendiri butuh biaya gak sedikit, sekitar 1.5 juta sampai 3.5 juta per tahun.

nah demikian lah sedikit pembahasan mengenai cara membuat website sendiri, semoga dapat membatu memper banyak wawasan kamu.
jangan lupa subscribe channel youtube saya , Nama Channelnya yaitu : SHARINGSE NET ketik aja di youtube nanti akan tampil channel nya.

Berikut website yang menyediakan Layanan Sewa/Pembelian Domain terpercaya

  1. Niagahoster (www.niagahoster.co.id)
  2. Rumahweb (www.rumahweb.com)
  3. Idwebhost (www.idwebhost.com)
ketiga situs tersebut made in indonesia/perusahaanya ada di indonesia.
saya biasa dan sering beli di ke tiga situs web tersebut dan tentunya sangat aman. pilihlah salah satu saja. thanks sudah baca artikel saya, sampai jumpa di tutorial terbaru berikutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Website Sendiri"