syarat wajib yang harus diperhatikan sebelum upgrade akun adsense hosted ke non hosted


Meskipun pada dasarnya kita mempunyai akun AdSense hosted, tidak serta-merta kita bisa langsung meng-upgrade akun AdSense hosted kita menjadi akun AdSense non-hosted. 
Karena pihak AdSense sendiri mempunyai persyaratan yang harus kita penuhi. Supaya kita bisa dikatakan sebagai publisher resmi, untuk menampilkan iklan AdSense di situs kita sendiri. Dan bahkan tidak hanya satu situs, 1000 situs juga bisa. Asalkan kita telah mendapat akun AdSense non-hosted.

adapun syarat yang wajib harus anda penuhi sebelum melakukan upgrade akun adsense hosted ke non hosted jika tidak ingin sia-sia adalah sebagai berikut :


1 ) anda harus memverifikasi PIN adsense terlebih dahulu ?


ini hukumnya adalah SANGAT WAJIB, kenapa? jika belum verifikasi PIN, maka sampai mati pun anda tidak akan mendapatkan email pemberitahuan diterima atau tidaknya upgrade dari adsense.


jika anda ingin meng-upgrade akun AdSense yang di hosting, entah itu dari YouTube ataupun dari Blogger, Anda tentunya harus menerima PIN dari AdSense terlebih dahulu, agar dapat menampilkan iklan di situs pribadi Anda.

Karena jika belum mendapat verifikasi PIN dari AdSense, maka Anda tidak akan pernah mendapat notifikasi apapun dari AdSense, meski sudah melakukan upgrade.

Jadi percuma saja Anda menunggu lama, karena sebelum Anda mem-verifikasi PIN, Anda tidak akan mendapat email apapun dari AdSense. Kecuali email selain notifikasi mengenai upgrade akun AdSense tersebut. Hal ini sudah tertera jelas pada halaman support Google, dan juga ini sebagai bukti nyata bahwa Anda adalah pemilik sah atas akun AdSense tersebut.

Jadi jika ingin meng-upgrade akun AdSense dari hosted ke non-hosted, maka pastikan dulu Anda sudah menerima PIN dan sudah memverifikasinya. Maka silahkan Anda melakukan upgrade. Tapi jika belum, anda harus bersabar?.

banyak yang bertanya,? wah saya sudah ganti domain blog menjadi TLD dengan akhiran .com .net .org dll dan saya sudah terlanjur mengajukan upgrade? saran saya silahkan dibatalkan/hapus saja domain TLD yang ada di blog anda dan jadikan nama domain TLD menjadi blogspot seperti semula. seperti gambar berikut ini :
jadikan domain menjadi blogspot seperti gambar diatas supaya anda tetap bisa menampilkan iklan di blog anda

kemudian tunggu hingga anda mendapatkan PIN dari adsense, setelah mendapatkan PIN, silahkan anda dibuat kembali menjadi domain TLD, dan setelah itu baru anda bisa mendaftarkan upgrade akun hosted ke non hosted.
untuk mendapatkan PIN sendiri minimal saldo yang ada di akun hosted adsense anda mencapai 10$, ingat 10 dolar ya.. jika masih kurang 10 dolar ya tetap belum bisa mendapatkan PIN adsense.


  • lalu kapan kita dapat menerima PIN dari adsense?
Ada 3 kali kesempatan yang diberikan google untuk mengirim PIN untuk anda masukan di akun adsense anda, PIN pertama sebenarnya tidak harus diminta, tapi google akan mengirimkannya secara otomatis ke alamat yang anda seting di akun adsennya, Nomor PIN tersebut akan langsung dikirim tanpa anda minta ketika pendapatan google adsense yang anda peroleh sudah mencapai minimal 10$ atau untuk mata uang rupiah setara dengan nilai $10.


  • Bagaimanakah tampilan surat PIN Google Adsense?
PIN Google Adsense akan dikirim dalam bentuk kartu pos berwarna putih berukuran 4,5 x 6 inci (11,4 x 15,2 cm), seperti contoh pada gambar dibawah ini :
pin adsense

  • Kapankah saya harus memasukkan PIN?
Untuk memasukkan PIN ke akun, Anda memiliki waktu selama 6 bulan sejak tanggal PIN pertama dibuat. Bila Anda belum memasukkannya setelah 4 bulan, Google akan berhenti menampilkan iklan di laman/blog Anda.


  • Di mana saya dapat memasukkan PIN?
Bila Anda menerima PIN, masukkan PIN itu ke dalam akun sesuai petunjuk pada surat PIN.


  • Bagaimana jika kita tidak menerima PIN?
Google memahami bahwa kita sebagai pemilik akun adsense mungkin tidak bisa menerima PIN karena kendala tertentu. Karena itu jika tidak menerima PIN pertama, Anda dapat meminta 2 PIN pengganti tambahan. Pelajari cara meminta PIN baru.


  • Bisakah melakukan verifikasi akun adsense menggunakan KTP, dokumen atau identitas resmi lainnya?
Melakukan verifikasi akun adsense menggunakan KTP atau dokumen identitas resmi lainnya ini hanya dilakukan jika Anda telah meminta PIN hingga maksimum 3 kali dan belum menerima satu pun dalam waktu 4 minggu sejak permintaan PIN yang terakhir. (jadi anda ada kesempatan sebanyak 3 kali untuk meminta PIN, jika PIN tidak kunjung diterima)

Untuk melakukan verifikasi menggunakan KTP caranya :
  • Masuk ke akun, Anda akan melihat pemberitahuan di laman Beranda dengan petunjuk lebih lanjut tentang cara mengirim dokumen resmi untuk memverifikasi alamat Anda melalui formulir hubungi kami. Atau bisa menuju link ini :  https://support.google.com/adsense/bin/request.py?hl=id&contact_type=id_verification&rd=1 .
  • Kemudian masukkan informasi kontak Anda pada kotak yang disediakan seperti Nama, Alamat Email, ID Penayang Misalnya, pub-1234567817894652, dan jangan lupa pilih berkas sebagai lampirkan dari hasil scan KTP atau dokumen identitas resmi lainnya.
  • Klik tombol kirim
  • Setelah itu tunggu saja hingga kita dapat pemberitahuan dari Google Adsense di email yang telah terdaftar tersebut yang biasanya berisi informasi bahwa akun adsense kita telah diverifikasi dengan KTP atau identias lainnya yang telah kita kirimkan sebelumnya.


2 ) situs anda harus berdomain TLD (Top Level Domain) seperti akhiran .COM .NET .ORG .ID


Hal ini juga sangat di wajibkan! Jika sebelumnya blog Anda masih ber-subdomain dan ingin meng-upgrade akun AdSense Anda, maka seharusnya Anda telah memiliki domain level atas (TLD).

Namun jika Anda belum mengerti apa itu domain TLD, maka saya kasih contohnya: klikmania.net dan im4j1ner.com (sedikit promosi) itulah situs dengan domain TLD. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di layanan penyedia hosting di lokal maupun interlokal.

Namun bila ingin yang terjangkau dengan isi dompet, maka layanan hosting lokal bisa jadi pilihan. Itu terserah Anda. Begitupun jika Anda mendapatkan akun AdSense dari YouTube dan berniat meng-upgrade nya, maka Anda harus memiliki situs atau blog yang sudah berdomain TLD.

Jika sudah memilikinya, maka Anda bisa segera melakukan upgrade. Tapi jika belum, harap di siapkan dulu. Karena itu juga termasuk syarat utamanya.


3 ) Jangan lupa anda harus tetap mentaati peraturan dari adsense ?


Meski sebelumnya blog Anda telah diterima secara penuh menjadi publisher AdSense, anda belum tentu bisa di terima saat melakukan upgrade ke nonhosted. kenapa?? 
Karena saat di tinjau kembali, terkadang ada sedikit kesalahan yang tidak kita sadari, sehingga pihak AdSense menolaknya.

Hal ini mungkin disebabkan karena kita kurang mengontrol kecepatan akses ke blog kita, ataupun kita menambah sedikit gadget blog, sehingga memengaruhi kecepatan blog.

Atau bisa jadi karena ada konten yang sensitif terhadap kebijakan AdSense, yang tanpa sadar telah kita tulis. Sehingga itu bisa menjadi penghambat proses peningkatan akun AdSense kita.

Jadi anda harus tetap patuhi peraturan dari google AdSense, dan cobalah cek kembali kelayakan blog Anda sebelum melakukan proses upgrade akun AdSense.

Jika semua telah di penuhi, maka mudah-mudahan tidak ada kendala selama peninjauan. Dan bisa jadi tidak perlu menunggu waktu lama lagi, bahkan bisa sekali peninjauan langsung di terima secara penuh.


4 ) jadi bagaimana jika proses upgrade kita di terima oleh adsense dan akun kita menjadi non hosted?


jadi begini... jika anda berhasil melakukan upgrade akun AdSense hosted menjadi non-hosted, maka Anda bisa memasang iklan AdSense di YouTube, blog ber-TLD, maupun blog ber-subdomain. Atau bahkan untuk aplikasi yang Anda buat yang Anda upload di PlayStore. Anda bisa memasangnya di manapun Anda suka.

Tapi ingat!!! meskipun akun anda sudah menjadi non-hosted, anda harus tetap mematuhi kebijakan  dari Google AdSense ya. Supaya akun AdSense yang sudah Anda miliki tidak berakhir tragis hanya karena sebuah kecerobohan

Posting Komentar untuk "syarat wajib yang harus diperhatikan sebelum upgrade akun adsense hosted ke non hosted"