pengertian dan perbedaan www http https

sebagai pengguna internet sudahkah anda tahu mengenai www, Http, Https? jika belum tahu bacalah sedikit penjelasan dari saya berikut ini.


WWW



WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walau pun sebenarnya merupakan bagian dari Internet. Jadi, WWW juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format.

WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator) hampir sama dengan HTTP, HTTPS dan FTP. Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat diakses bersama.


HTTP


HTTP yaitu kepanjangan dari (HyperText Transfer Protocol), yaitu sistem protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. HTTP ini yang memungkinkan komputer server dengan client berinteraksi dan bertukar informasi atau data. HTTP juga merupakan sebuah format standar yang biasanya digunakan para pembuat situs agar komputer client dapat mengakses sebuah halaman situs pada browser. Cara berkomunikasi antara client dan server, yaitu client melakukan request ke server, lalu server mengirimkan respon terhadap client.


HTTPS


Sedangkan HTTPS merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure, yaitu gabungan antara sistem HTTP dengan teknologi SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Sehingga secara penggunaan, data-data yang dikirim atau diterima dari server kemudian akan di enskripsi dahulu yang menjadikan data-data Anda akan aman dan sulit dibaca dari para hacker yang ingin mencuri data pribadi Anda.

Dengan protocol HTTPS transaksi antara browser dan webserver harus melalui proses registrasi, sign in, authentikasi dan enkripsi terhadap data atau pesan yang akan dikirim.

HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS di temukan oleh Netscape Communication Corporation. HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. HTTP di enkripsi dan deskripsi dari halaman yang di minta oleh pengguna dan halaman yang di kembalikan oleh web server. Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port yang digunakan HTTPS adalah port 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’.

Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitumemungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data.


lantas apa Perbedaan HTTP dan HTTPS


Perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.


Lalu Keuntungan  mengubah HTTP menjadi HTTPS?


yaitu untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Bagaimana bisa? Ilustrasi singkat berikut akan menjawabnya: Ketika Anda mengakses sebuah web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada Anda telah dienkripsi dulu oleh protokol ini. Dan semua informasi yang Anda kirimkan ke server (registrasi, identitas, nomor pin, transfer pembayaran) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yg bisa mencuri dengar (eavesdropping) data-data Anda  ketika proses transaksi sedang berlangsung. Maka transaksi data Anda menjadi lebih safe. Protokol HTTPS bisa anda temukan pada situs-situs perbankan, ecommerce, form registrasi, dsb. Karena di area bisnis inilah rentan sekali terjadi eavesdropping oleh pihak ketiga. Untuk itulah Anda membutuhkan sertifikat SSL.

Posting Komentar untuk "pengertian dan perbedaan www http https"