jaringan intranet pada windows

sepertinya kamu harus tahu dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum berbicara lebih jauh, berikut ini akan saya bahas mengenai jaringan intranet yang terdapat pada os windows.

#Perangkat keras network


perangkat keras yang dibutuhkan dalam suatu network sangat tergantung pada konfigurasi yang digunakan untuk menyusun network, jenis media transmisi data, serta besar kecilnya jangkauan network.
secara umum suatu network memerlukan perangkat keras, server, workstation, NIC (network interface card), hub/konsentrator, bridge, switch, repeater, router, dan sistem kabel. 



#Server


merupakan perangkat keras yang berfungsi menyediakan berbagai layanan kepada komputer  client. Adapun layanan yang dapat di berikan antara lain sebagai berikut :

disk server
yaitu Layanan yang menyediakan ruang hardisk yang dapat di akses oleh setiap komputer client.

file server
Layanan yang menyediakan akses terhadap file yang dapat di akses dan selanjutnya dapat dimodifikasi/di update.

printer server
yang menyediakan layanan fasilitas pencetakan yang terhubung dengan komputer server.


#Workstation client


merupakan komputer yang langsung di gunakan oleh pengguna dalam melakukan  pekerjaan sehari-harinya.workstation/client menjalankan beragam sistem  operasi dan merupakan bagian dari jaringan yang ada.


#NIC (Network Interface Card)


NIC/LAN card merupakan perangkat yang mutlak di perlukan jika komputer kita ingin terhubung ke jaringan lan, kebanyakan NIC merupakan peralatan internal yang dipasangkan pada slot ekspansi ISA ataupun slot ekspansi PCI, bahkan pada mainboard komputer NIC sudah dipasang secara onboard artinya menyatu dengan mainboard.


#Hub/konsentrator


merupakan perangkat yang banyak di gunakan dalam topologi star. Hub bertindak  sebagai pusat/consentrator dalam jaringan dan akan selalu menerima dan  mengirimkan data ke semua client.
hub bertindak sebagai titik pengendali untuk aktifitas sistem, pengelolaan serta pengembangan jaringan.


#Bridge


berfungsi untuk menghubungkan satu segmen jaringan dengan segmen jaringan yang lain. Bridge yang baik umumnya hanya meneruskan dan  mengirimkan data kepada komputer/client yang menjadi tujuanya.
bridge ini bisa dikatakan alat yang memungkinkan untuk membagi suatu jaringan yang besar dalam dua jaringan yang belih kecil, sehingga menjadi jaringan yang lebih efisien.


#Switch


switch merupakan perangkat hasil pengembang dari hub. hub hanya menerima data dan mengirimkan kembali ke semua komputer client.walaupun komputer tidak membutuhkan data tersebut. switch ini merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang terpisah, serta menyediakan filter paket antar LAN.


#Repeater


Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan ketika mencapai jarak yang sangat jauh. Dengan demikian,sinyal yang tadinya lemah dapat di perkuat kembali dan disalurkan ke tempat lain sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas. atau tujuannya alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya.


#Router


Router memiliki fungsi yang sama dengan bridge, namun router memiliki kemampuan lain, yaitu dapat menentukan keputusan rute terbaik yang harus di tempuh data,sehingga data dapat sampai ketujuan lebih cepat.


#Perangkat Lunak Network


untuk sistem server dapat digunakan beberapa sistem operasi seperti Linux, windows NT, Windows 200, dan windows XP.
untuk sistem client dapat digunakan sistem operasi Linux, Windows NT, windows 200, windows Xp, windows 98, dan windows 95.


Alamat IP

dalam jaringan, komputer dikenali dengan alamat IP (Internet Protocol). alamat IP dapat dinyatakan dengan
      xxx.yyy.www.zzz
masing-masing kelompok berupa angka dari 0-254.

ada dua langkah penting agar dua komputer dapat terhubung yaitu
  • memasang driver ethernet card
  • menentukan alamat ip pada komputer
contoh alamat IP seperti berikut :
  • 172.18.104.10
  • 192.168.100.12
  • 202.65.112.22

Posting Komentar untuk "jaringan intranet pada windows"