penyebab laptop lambat

laptop atau komputer lambat memang sangat menjengkelkan, terlebih kita sedang mengerjakan sesuatu tiba-tiba aplikasi not responding dan lain sebagainya.
komputer lelet lambat

banyak faktor yang membuat laptop/komputer kita menjadi lambat diantaranya :


faktor banyaknya program aplikasi yang berjalan di laptop/komputer anda 


salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot/lambat adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.
solusinya silahkan anda matikan beberapa programnya melalui task manager, jika anda mematikan aplikasi di task manager jangan sampai salah, karena di dalam task manager ada program yang dikhususkan untuk sistem operasi, jika program tersebut dimatikan maka nantinya akan menyebabkan sistem operasi anda menjadi eror dll.

cara membuka task manager
klik kanan pada tool bar atau bisa anda cari melalui kolom pencarian windows=>klik task manager maka tampilannya kurang lebih sebagai berikut:
penyebab laptop lambat dan mengetasinya
cara mematikannya silahkan anda klik aplikasi yang akan di matikan=>pilih end task

faktor  usia laptop/komputer anda


faktor laptop/komputer adalah juga menentukan lambat tidaknya suatu proses, jika komputer anda sudah tua atau dalam artian usia laptop/komputer anda sudah bertahun-tahun maka tidak menutup kemungkinan itu penyebabnya, 

selain faktor usia laptop/komputer, spesifikasi atau hardware pada komputer/laptop anda juga sangat menentukan, seperti contoh : processor intel/AMD/Pentium, kapasitas RAM, dll.

faktor virus yang ada didalam laptop/komputer anda


faktor virus yang ada didalam laptop/kompuer juga sangat menentukan lambat atau tidaknya suatu komputer, dimana virus ini bekerja menghambat proses komputer dan juga bahkan menghapus file-file yang ada didalam komputer anda, 
solusinya silahkan anda pasang antivirus seperti halnya smadav, avast, AVG. dan lain-lain.

faktor sistem operasi (windows/linux)


sistem operasi sangan penting bagi berjalannya suatu komputer/laptop, dimana jika windows/linux anda tidak di update maka lama kelamaan kinerjanya akan melambat, apalagi anda adalah pengguna windows bajakan dan tidak pernah mengganti/menginstal sistem operasi yang baru, maka hal inilah yang menyebabkan komputer anda menjadi lemot/melambat.

faktor banyaknya program yang terinstall di komputer atau laptop anda


faktor ini juga mempengaruhi kinerja laptop/komputer anda, dimana laptop yang terinstall banyak program didalamnya menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot/lambat. mungkin tidak menjadi masalah jika laptop anda memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar, misalnya 1TeraByte.

Nah beda lagi kalau laptop anda memiliki kapasitas Hardisk hanya 320/500 GB tetapi banyak aplikasi yang terinstall didalamnya. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot
solusinya silahkan anda unistall aplikasinya yang ada didalam laptop anda. unistall adalah mencopot aplikasi, aplikasinya jangan hanya didelete ya, karena unistall sama delete berbeda, jika anda hanya mendelete maka aplikasi tersebut akan tetap ada didalam laptop/komputer anda. 
cara unistall nya melalui control panel.

bagaimana jika masih lemot juga?


jika masih lemot/lambat juga, silahkan anda install ulang sistem operasi anda atau ganti laptop/komputer anda dengan yang baru. anda juga bisa mengupgrade komponen-komponen laptop/kompuer anda seperti RAM, Hardisk Dll.

Posting Komentar untuk "penyebab laptop lambat"