membuat program yang menggunakan konsep inheritance pewarisan

#Pewarisan

Pewarisan (Inheritance) merupakan sifat dalam bahasa berorientasi objek yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain. Sistem OOP memungkinkan kita untuk mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada. Penurunan sifat ini bisa dilakukan dilakukan secara bertingkat-tingkat, sehingga semakin ke bawah maka kelas tersebut semakin spesifik, contoh, apabila kelas B adalah turunan dari kelas A, dalam proses pembuatan kelas turunan tersebut, Anda dapat menambahkan sifat dan perilaku baru ke dalam kelas B, yang sebelumnya tidak dimiliki dalam kelas A. Dalam terminologi java, kelas induk dinamakan dengan superclass dan kelas turunan dinamakan dengan subclass. untuk membuat kelas anak atau kelas turunan berdasarkan class yang ada, anda dapat menggunakan kata kunci extends. Acces Modifier untuk mewujudkan turunan adalah protected. 

#Latihan

- script dibawah ini sudah di sertai penjelasan, jika ingin menjalankan silahkan anda copy bagian scriptnya saja.

Class data
class data extends Matakuliah {
private String nim;
private String nama;
private String jurusan;
public void cetak(){
System.out.println("====DATA====");
System.out.println("NIm : ");
System.out.println("Nama : ");
System.out.println("Umur : ");
System.out.println("jurusan : ");
        System.out.println("matakuliah : ");
System.out.println("besar SKS : ");
        System.out.println("ambil ke- : ");
}
Kode program untuk class turunan (sub class), kelas ini menerima warisan data nama dan umur dari class matakuliah. Dan fungsi public void cetak() yaitu method untuk mencetak/menampilkan data yang terdapat pada masing-masing parameter (“…”)


public static void main (String args[]) {
Matakuliah  orang1=new Matakuliah ();
orang1.cetak();
System.out.println();
System.out.println();

Mahasiswa mhs1= new Mahasiswa();
mhs1.cetak();
System.out.println();
System.out.println();

data dos=new data();
dos.cetak();
}
}
Method untuk menjalankan intruksi program, yag terdapat didalam class matakuliah dan mahasiswa. Sehingga hasil yg di peroleh yaitu sbb:

#Kesimpulan

Dalam proses pembuatan kelas turunan kita dapat menambahkan sifat dan prilaku baru kedalam class yang sebelumnya tidak dimiliki didalam class lain, penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkat-tingkat, sehingga semakin kebawah kelas tersebut semakin spesifik. 


Posting Komentar untuk "membuat program yang menggunakan konsep inheritance pewarisan"