layar monitor laptop bergaris vertikal horizontal

berdasarkan pengalaman, saya pernah merasakan banyak permasalahan mengenai layar laptop, baik itu blank hitam putih, bergaris vertikal maupun horizontal, kursor dilayar monitor tidak mau bergerak, dan lain-lain. 
disini saya akan memberitahu kemungkinan-kemungkinan penyebab dari permasalahan layar laptop/komputer tersebut.

layar laptop atau yang biasa disebut monitor atau LCD/LED yaitu salah satu perangkat paling penting yang berfungsi sebagai output sistem yang menjembatani antar hardware dengan pengguna. tak jarang banyak sekali permasalahan yang muncul pada layar monitor laptop/komputer yang membuat orang awam kebingungan. Untuk menghilangkan kebingungan anda, tidak ada salahnya Anda mencoba memperbaiki layar laptop  yang bergaris-garis,  baik bergaris vertikal maupun horizontal, dead pixel, atau bahkan layar mati total. LCD bergaris ini kelihatan sangat jelas dengan berbagai warna, mulai dari warna hitam, putih, hijau, keungu-unguan, biru, kemera-merahan, dan lain-lain.
Untuk mengatasi hal ini, anda tidak perlu pergi ke service PC atau laptop dulu, sebab anda dapat memperbaikinya dari rumah atau tempat kerja anda. Anda hanya perlu satu aplikasi yang dapat memperbaiki dan mengatasi layar LCD baik PC dan laptop yang bergari-garis tersebut.


coba gunakan software PixelRepairer.


PixelRepairer berfungsi untuk mengecek keadaan monitor anda dengan menggunakan beberapa cara yaitu warna atau garis untuk mengetahui adanya dead pixel pada monitor kamu.


lalu bagaimana cara menggunakan software PixelRepair?



  • silahakan download softwarenya Klik DISINI  (ukuran 754.6 Kb)
  • kemudian pilih Pattern yang kamu gunakan, warna atau garis-garisnya, seperti gambar berikut

  • kemudian pilih enable
  • nanti anda bisa melihat pada layar  akan berubah menjadi pattern yang anda pilih, lalu jika anda klik pada layar akan berubah ke pattern berikutnya. 
Jika tidak ada yang berbeda maka layar kamu dalam kondisi baik, tetapi jika ada kerusakan maka akan terlihat kerusakannya. 
- untuk kembali tekan Esc pada keyboard, lalu kemudian pilih Repair. 
- selanjutnya tunggulah prosesnya hingga selesai.

bingung cara download filenya? lihat gambar berikut ini


Kabel konektor VGA


kebel konektor yang berada didalam laptop bisa jadi sudha lemah, sehingga bisa mengakibatkan proses yang mengalir ke VGA tidak sempurna, apalagi ketika kita buka tutup layar laptop terlalu cepat maka bisa jadi kabel monitor tertarik sehingga bisa menyebabkan layar bergaris garis.

mengatasinya, soba anda lepas kabel yang berada di mainbard kemudian pasang kembali kabelnya. kemudian laptopnya silahkan di uji kembali jika berhasil maka permasalahan tersebut akan hilang, namun jika belum berhasil silahka test kembali menggunakan kabel VGA dengan type yang sama.

kegagalan pada proses RAM (random access memori)

ram ini juga termasuk penyebab dalam layar laptop/komputer yang bergaris. ram mempunyai 32-36 pin berwarna kuning yang disebut sebagai kaki ram. dan tidak semua pin tersebut akan bekerja secara normal dan setiap pin bekerja masing-masing.
jadi silahkan coba menggunakan ram cadangan untuk melakukan test


jika tidak ada solusi, maka silahkan ganti LCD/LED anda dengan yang baru


berdasarkan pengalaman saya, biasanya kerusakan pada layar laptop/komputer bergaris yang diakibatkan secara fisik sangat sulit untuk diperbaik, punya saya sendiri telah saya anti dengan yang baru, karena semua cara sudah saya coba dan hasilnya nihil/gagal.


jika anda mengalami layar monitor laptop/PC bergaris vertical horizontal


layar laptop anda jika mengalami garis vertical horizontal secara penuh, silahkan anda coba hubungkan terlebih dahulu ke laptop/komuter lain, dengan cara menghubungkan laptop anda ke laptop/komputer lain dengan menggunakan kabel VGA

jika tidak ada masalah, kemungkinan besar layar laptop/PC anda harus diganti dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "layar monitor laptop bergaris vertikal horizontal"