array multi dimensi pada c

saya akan menjelaskan tentang pengertian array multidimensi serta di tujukan untuk anda yang masih bingung cara pembuatan program dengan array multi dimensi ini.

array multi dimensi

array multi dimensi adalah array yang terdiri dari beberapa subscript atau index array. contoh, array dua dimensi adalah array yang mempunyai dua index. array 3 dimensi adalah array yang mempunyai tiga index. array seperti ini sering digunakan untuk pemrosesan matrix.

keunggulan array :
pertama
array sangat cocok untuk pengaksesan acak. sembarang elemen di array dapat di acu secara langsung tanpa melalui elemen-elemen lain.

kedua
jika berada di suatu lokasi elemen, maka sangat mudah menelusuri ke elemen-elemen teangga, baik elemen pendahulu aaupun elemen penerus.

ketiga
jika elemen-elemen array adalah nilai-nilai independent dan seluruhnya harus terjaga, maka penggunaan penyimpanannya sangat efisien.

kelemahan :
pertama
array harus bertipe homogen kia tidak dapat mempunyai array dimana satu elemen adalah karakter, elemen lain bilangat,dan elemen lain adalah tipe-ipe lain.

kedua
kebanyaan bahasa pemrograman mengimplementasikan array statik yang sulit diubah ukurannya diwaktu eksekusi. bila penambahan dan pengurangan terjadi terus menerus maka representasi statis.

ketiga
tidak efisien dalam penggunaan memory

keempat
menyiakan banyak waktu komputasi

kelima
pada suatu aplikasi representasi statis tidak dimungkinkan.

pendeklarasian array 2 dimensi:
           tipe_data nama_var_array[batas_baris][batas_kolom];

int matriks[3][4];
int matriks2[3][4]={{5,2,1,18},{4,7,6,9},{9,0,4,43}};

Posting Komentar untuk "array multi dimensi pada c"