sejarah android

Sebagai Pengetahuan Saja...

pada awalnya android inc yaitu sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan oktober 2003 di Palo Alto, California USA. didirikan oleh beberapa senior di beberapaperusahaan yang berbasis IT dan communication : Andy Rubin, Rich Miner, Nick Search dan Chrish White, menurut Rubin , Android didirikan  untuk mewujudkan mobile divice yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. dengan kata lain, android ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.

konsep yang dimiliki android ternyata menggugah minat google untuk memilikinya, pada bulan agustus 2005, akhirnya android diakui oleh google Inc. seluruh sahamnya dibeli oleh google. banyak yang memperkirakan nilai pembelian android Inc oleh google adalah sebesar USD 50 juta. saat itu banyak yang berspekulasi bahwa langkah awal yang dilakukan google untuk masuk kepasar mobile phone.
Andy Rubin, Rich Miner, Nick Search dan Chrish White tetap di android Inc yang telah dibeli google, sehingga mereka semua menjadi bagian dari raksasa google dan sejarah android. saat itulah mereka mulai menggunakan platform linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi ini di dunia. pertama yang mendapat dukungan penuh dari google atau Google Mail Service(GMS), dan yang kedua yaitu yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari google atau dikenal dengan Open Handset Distribution.

sistem operasi ini membuka pintu untuk para developer untuk mengembangkan software dengan android SDK (Software Development Kit) yang menyediakan Tools dan API (Aplications Programming Interface) yang di buuhkan untuk memulai mengembangkan aplikasi pada platform android menggunakan pemrogramman java.

hal ini membuka kesempaan bagi para penggemar open source untuk ikut terjun mengembangkan sistem operasi android. kemudian mulai bermunculan berbagai komunitas yang membangun dan berbagi sistem android berbasis firmware dengan jumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. mereka sering memperbarui paket-paket firmware dan mengabungkan elemen-elemen fungsi android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu firmware,

pada bulan september 2007, google mulai mengajukan hak paten aplikasi telepon selular. disusul dengan dikenalkannya perangkat seluler android yang pertama pada tahun 2008 yaitu HTC Dream, perangkat ini menggunakan OS android versi 1.0


HTC Dream 
HTC Drean sendiri yaitu smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi (OS) android.

Posting Komentar untuk "sejarah android"