perkembangan versi os android


keunikan dari nama android yaitu os android menggunakan nama makanan penutup (Dessert), selain itu juga nama-nama OS android memiliki huruf awal berurutan sesuai abjad diantaranya Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, Ice Cream, Jelly bean, Kitkat, Loli Pop, Marsmallow, Nougat.

Android Beta

pertama kali dirilis pada 5 november 2007 kemudian pada 12 november 2007 SDK (Software Defelopment Kit) dirilis oleh Google.

Android V1.0 Astro

pertama kali dirilis pada 23 september 2008, sebenarnya android versi pertama ini akan dinakan Astro, akantetapi terdapat masalah mengenai hak cipta jadi nama Astro tidak jadi disematkan pada versi ini, namum HTC Dream adalah ponsel perama yang menggunakan OS ini.

Andoid V1.1 Bender

pertama kali dirilis pada 9 februari 2009, versi kedua ini juga mengalami masalah pada penamaan seperti versi pertamanya, awalnya versi OS android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile GI saja. versi ini merupakan update dengan tujuan untuk memperbaiki beberapa bugs, Menggantu API(Aplications Programming Interface) dan menambahkan beberapa fitur.

Android V1.5 Cupcake

pertama kali dirilis pada 30 april 2009, Android versi ini masih jadul dan belum seheboh yang sekarang. Tentu masih jarang penggunanya saat itu. Dalam versi android cupcake sudah mampu internet dengan lancar dan mengunggah vidio ke youtube. Bukan hanya itu, versi ini sudah support dukungan keyboard virtual.

Android V1.6 Donut

dirilis pertama kali pada 15 september 2009, terdapat peninggkatan pada fiture pencarian dan UI(user Interface) yang lebih user friendly, pada versi ini sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs, support layar dengan resolusi WVGA.

Android V2.0/2.1 Eclair

dirilis pertama kali pada 9 desember 2009, terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan google maps v3.1.2 perubahan UI(User Interface) dengan browser baru dengan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, terdapa juga dukungan flash untuk kamera 3,2Mp digital zoom dan bluetooth, kemudian beberapa versi updatenya anta android v2.0, v2.0.2, v2.1

Android V2.2 Froyo (Froze Yoghurt)

diluncurkan pada tahun 2010, pada semartphone google nexus one, pada versi ini sudah support terhadap adobe flash player v10.1, peningkatannya pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi serta penggunaan SD card sebagai tempay penyimpanan aplikasi.

Android V2.1 Gingerberd

inilah versi awal android mulai menguasai smartphone. Banyak fitur antarmuka yang lebih di maksimalkan, Pengoptimalan input keybord lebih akurat dan efek audio lebih optimal dari sebelumnya. Dan dalam versi ini sudah mendukung multi kamera dan penutupan bug yang terjadi pada tingkatan sebelumnya.

Android V3.0/3.1 Honeycomb

versi ini pertama kali diperkenalkan  pada 22 februari 2011 dan motorola xoom lah yang pertamakali menggunakannya. android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan penggunaan pada tablet.

Android V4.0 Ice Cream

dirilis pertama kali pada 19 oktober 2011, yang pertama kali menggunakan OS ini yaitu samsung galaxy nexus. secara teori perangkat yang menggunakannya yaitu gingerberd dapat di update ke android Ice Cream.

Android V4.1 Jelly Bean

pada versi ini sangat optimal dibandingkan tingkatan sebelumnya, misalnya optimal kinerja sistem dan perambahan web lebih maksimal. Mendukung emoji saat chat atau sms. Tampilan lebih dinamis dan sederhana yang membuat enak dimata.terdapat penambahan baru diantaranya : meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI(User Interface) yang baru dan pencarian melalui voice search yang lebih cepat. kemudian untuk jelly bean V4.2 mempunyai pembaruan seperti daydream sebagai screesaver, power conrol, lock screen widged. untuk jelly bean versi 4.2 sendiri di perkenalkan melalui LG google Nexus 4.

Android V4.4 Kitkat

pada versi kitkat membuka era smartphone dan sekaligus menjatuhkan beberapa rivalnya. Sistem operasi android KitKat ini sangat mengutamakan pengamanan sistem dan peningkatan kinerja sistem. Fitur baru auto-fokus pada kamera lebih maksimalnya.

Android V5.0 Lollipop

Peningkatan notifikasi sistem dan kinerja android lebih. Sistem antarmuka lebih optimal sehingga menjadi lebih memanjakan penggunanya.

Android V6.0 Marshmallow

intraksi antarmuka lebih optimal lagi. Lebih maksimal pada sistem pengamanan dan sudah mendukung sidik jari. Kemampuan transfer data dan migrasi data pada microSD. jika pada sebelumnya banyak bugs, di versi ini bugs-bugs tersebut telah ditutup.

Android V7.0 Nougat

Pembaruan pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan pelbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

Android V8.0 Oreo





Posting Komentar untuk "perkembangan versi os android "