pengertian JSON dan Parsing JSON

kali ini saya akan membahas implementasi parsing JSON JavaScript Objek Notation pada android.
json dan cara parsing json


JSON (Javascript Object Notation) merupakan format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia. Formatnya berbasis teks dan terbaca-manusia serta digunakan untuk merepresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif (disebut objek). Format JSON sering digunakan untuk mentransmisikan data terstruktur melalui suatu koneksi jaringan pada suatu proses yang disebut serialisasi. Aplikasi utamanya adalah pada pemrograman aplikasi web AJAX dengan berperan sebagai alternatif terhadap penggunaan tradisional format XML.

lalu untuk apa JSON ini dalam pengembangan aplikasi Android ?

Dalam aplikasi Android, terkadang kita memerlukan suatu data yang berasal dari suatu server untuk digunakan dan ditampilkan dalam aplikasi kita. Nah, untuk mengambil data dari server kita bisa memakai yang namanya API (Application Programming Interface). bagi yang belum tahu apa itu API, silahkan cari tahu pengertian tentang API.

Dalam penyaluran data dari server ke client(aplikasi kita) memerlukan sebuah standar pemformatan data, nah disinilah kita pakai JSON. Adapun salah contoh dari bentuk JSON sebagai berikut :
{
     "namaDepan": "Budi",
     "namaBelakang": "Sudi",
     "alamat": {
         "namaJalan": "Jl. Sudirman 15A",
         "kota": "Jakarta",
         "provinsi": "DKI Jakarta",
         "kodePos": 11234
     },
     "nomerTelepon": [ 
         "021 575-1234",
         "021 565-4567"
     ]
 }
Dalam tutorial kali ini kita memakai contoh JSON yang sangat sederhana, yang berisi contact dimana setiap node nya berisi informasi seperti nama, alamat, email, gender, dan no hp. Dan kali ini kita pakai library java.net (sudah bawaan Java-nya) untuk membuat pemanggilan HTTP dan mencocokkan JSON dari URL. Selain library bawaan(default) tersebut, ada juga library third party seperti Volley dan Retrofit .

Perbedaan JSONArray dan JSONObject?
Dalam JSON, ada dua hal penting yang harus kita ketahui dan harus tahu membedakannya, yaitu JSONArray dan JSONObject. JSONArray di dalam JSON di representasikan dengan tanda [ (Square Brackets), sedangkan JSONObject di representasikan dengan tanda } (Curly Brackets). Dalam implementasi kodingan java-nya, jika JSONArray kita gunakan method getJSONArray(), kalau JSONObject kita gunakan method getJSONObject().
Gampang kan ?


silahkan anda kunjungi situs resminya JSON.

Posting Komentar untuk "pengertian JSON dan Parsing JSON "