mengatasi SDK manager tidak terdeteksi pada android studio

pernahkah anda mengalami disaat kita selesai menginstall android studio, dan disaat kita mau menjalankannya akan muncul peringataan terjadi kesalahan pada android studio kita dengan peringatan sdk manager tidak terdeteksi atau tidak terdapat sdk didalam android studio kita, tentu android studio kita tidak bisa berjalan dengan baik.

oleh karena itu peran dari android SDK menager yaitu menyediakan alat SDK, platform dan komponen lain yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi anda, selain itu pada android SDK manager kita juga bisa memperbaharui/mendownload versi terbaru dll.

namun jika anda mengalami permasalah pada SDK manager anda seperti halnya SDK tidak terdeteksi atau kesalahan eror penempatan SDK manager, disini saya mempunyai tips untuk anda.


#langkah-langkah mengatasi kesalah sdk :


  • buka aplikasi android studionya, maka akan tampil seperti berikut :
kenapa setelah membuka aplikasi android studio muncul seperti gambar diatas? itu karena aplikasi andoid studionya tidak mendeteksi SDK/SDKnya belum terinstall sewaktu kalian malakukan installasi aplikasi android studio. untuk itu kalian harus mengaturnya terlebih dahulu.
  • pada gambar diatas pilih Configure
  • kemudian setelah anda klik configure, nanti akan muncul dialog lalu pilih project defaults
selanjutnya pilih project strukture
kemudian pilih android SDK location
mengatasi sdk tidak terdeteksi di android studio
  • pada gambar diatas, carilah lokasi SDK Manager anda, namun jika pada lokasi seperti gambar diatas milik anda belum terdapat SDK nya, silahkan pindahkan terlebih dahulu SDK Manager anda kedalam direktory Local Disk C\users\nama komputer anda\AppData\Local\android\sdk. (jika folder AppData tidak ada berarti masih ter hidden)


SDK biasanya sudah satu paket pada android studio anda (jika tidak ada SDKnya ya silahkan anda download terlebih dahulu), 

silahkan anda restart android studio anda dan jalankan kembali. jika berhasil terdeteksi maka anda nanti akan bisa membuat projek baru di android studio.

intinya adalah :

android studio tidak bisa di buka/kita tidak bisa membuat projek baru adalah karena SDKnya belum terinstall/lokasi SDKnya masih salah, 


#lihat versi Youtube :

https://youtu.be/lMstCSBbq28


#Follow untuk mendapatkan artikel terbaru setiap harinya


Follow saya Supaya kamu tidak ketinggalan tentang informasi terbaru dari saya

Google+ : plus.google.com/+sharingsenet
Youtube  : youtube.com/c/sharingsenet
Facebook : facebook.com/sharingse.net.77

Posting Komentar untuk "mengatasi SDK manager tidak terdeteksi pada android studio"