cara perbaiki hardisk yang tidak terdeteksi saat install ulang windows

sebelum membahas cara-caranya, berdasarkan pengalaman saya biasanya permasalahannya yaitu pada saat kita install ulang windows hardisk terdeteksi di BIOS, akan tetapi setelah dilakukan install ulang, justru hardisk tidak terdeksi di windows/kosong, itu di karenakan format hardisk tidak sesuai dengan format windows, sehingga windows tidak bisa membaca hardisk tersebut. maka langkah yang kita lakukan yaitu kita harus merubah format hardisk dari GPT ke MBR. kalau merubah format hardisk dari GPT ke MBR saya rasa terlalu memakan banyak waktu, ada baiknya hardisk di format saja, tapi sebelum memformat hardisk backup (pindah) dulu data-datanya dengan menggunakan safemode. disini saya tidak akan menjelaskan, sobat bisa baca cara backup data melalui safemode dengan cara bertanya sama mbah google OK.

Ok, kita mulai cara perbaiki hardisk yang tidak terdeteksi saat install ulang windows dengan cara memformat hardisk tersebut. (ingat sobat, sebelum memformat, backup dulu data-datanya). cara ini tergolong ampuh dan 100% laptop berhasil di install ulang.



Cara Mengubah Format GPT ke MBR dengan memformat hardisk melalui CMD

seperti yang saya katakan diatas tadi yaitu ubah format hardisk dari GPT ke MBR terlalu memakan waktu, maka saya anjurkan memakai cara ini dengan cara memformat hardisk. saya cuma pake Diskpart Command pada CMD, 
ingat!! resikonya semua data akan hilang, jadi backup dulu seluruh data-data sobat dengan menggunakan safmode seperti yg saya jelaskan diatas cari aja di mbah google. setelah data-datanya di backup lakukan langkah-langkah sebagai berikut:


#Adapun langkah-langkahnya yaitu :


jangan takut melakukan langkah-langkah ini, karena saya sudah melakukannya sendiri dan terbukti berhasil.

  • Masukkan CD/DVD atau colokkan Flashdisk yang berisi File Windows ke laptop
  • hidupkan laptop, kemudian tekan tombol f2 sampai masuk ke halaman booting, lalu setting menu boot ke CD/DVD atau Flashdisk dan jalankan seperti instal laptop pada umumnya
  • Setelah muncul jendela awal atau muncul logo windows 7 (seperti dibawah) tekan SHIFT + F10 secara bersamaan Ok. ingat!! secara bersamaan.
  • Maka akan muncul jendela CMD
  • Ketik DISKPART (tanpa spasi ) lalu Enter
  • Ketik LIST DISK (kalau ini pake spasi) lalu Enter
  • Ketik SELECT DISK 0 atau 1 (tergantung yang punya tanda * pada kolom GPT) lalu Enter
  • Ketik CLEAN lalu Enter

  • Lalu kemudian EXIT
  • Restart laptop sobat, dan laptop udah bisa diinstal ulang :)



#Follow untuk mendapatkan artikel terbaru setiap harinya


Follow saya Supaya kamu tidak ketinggalan tentang informasi terbaru dari saya

Google+ : plus.google.com/+sharingsenet
Youtube  : youtube.com/c/sharingsenet
Facebook : facebook.com/sharingse.net.77

Posting Komentar untuk "cara perbaiki hardisk yang tidak terdeteksi saat install ulang windows"