cara mengetahui partisi hardisk laptop mbr atau gpt

oke pada artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya mengetahui sytem partisi hardisk di laptop atau komputer kita. 

sebenarnya untuk cara mengetahui mbr atau gpt sangatlah mudah, disini saya akan bagikan caranya dengan menggunakan 2 (dua) metode yaitu menggunakan cmd/command prompt dan menggunakan aplikasi easeus partision master.

perlu di kalian ketahui bahwa dengan mengetahui jenis partisi hardisk laptop  maupun komputer gpt atau mbr yaitu kita dapat dengan mudah menginstall sistem operasi windows ke dalam laptop/komputer kita sendiri tanpa harus pergi ke tempat serivice laptop dan itu sangat enak bukan karena kita tidak akan kehilangan uang dan kita bisa membuka jasa install ulang sendiri dirumah. sebagai uang tambahan kita. hehe...

langkah ini biasa yang sering saya lakukan sebelum saya melakukan install ulang laptop/komputer milik pelanggan/orang lain. kenapa kita harus cek jenis partisi hardisk nya terlebih dahulu? karena sistem operasi windows itu sendiri support nya macam-macam, ada yang support dengan partisi hardisk mbr atau gpt, jadi tidak boleh sembarangan.

okelah untuk langkah langkahnya yaitu sebagai berikut : (cara ini berlaku untuk semua windows, baik windows 7, 8. 8.1, dan windows 10)

mengetahui jenis partisi hardisk dengan menggunakan CMD/Command Prompt

  1. silahkan kamu ketik di menu pencarian windows, ketikkan cmd lalu tekan enter atau kamu bisa tekan tombol keyboard CTRL + R
  2. setelah terbuka silahkan kamu ketikkan perintah diskpart
  3. kemudian jika muncul peringatan silahkan klik Ok
  4. lalu selanjutnya silahkan ketikan perintah list disk kemudian tekan enter
  5. maka nanti akan kelihatan jenis partisi hardisk laptop/komputer kamu
  6. lihat informasi pada bagian disk nya, jika ada symbol * itu adalah jenis partisnya seperti gambar berikut ini :
jika kamu masih bingung dengan cara diatas? silahkan silahkan ikutilah langkah langkah pada gambar diatas.
nah... yang saya kasih kotak merah dan ada symbol * nya itu adalah jenis partisinya.

kemudian cara yang kedua yaitu menggunakan bantuan aplikasi yaitu easeus partision master

Mengetahui jenis partisi hardisk mbr atau gpt dengan menggunakan aplikasi easeus partition master

jika kamu sudah berhasil melihat jenis partisinya menggunakan cara diatas menggunakan cmd/command prompt kamu tidak perlu mengikuti langkah ini.
  • silahkan kamu download aplikasi easeus partition master nya melalui link ini https://www.easeus.co.id/download/partition-manager.html
  • setelah terdownload silahkan kamu install di laptop/komputer kamu
  • setelah terinstall, silahkan kamu buka aplikasi nya
  • setelah terbuka maka nanti akan ada informasi jenis partisi hardisk nya gpt atau mbr (silahkan lihat gambar berikut)
  • ok pada gambar yang saya kasih tanda kotak merah tersebut akan kelihatan jenis partisi hardisk nya, jika MBR maka akan tampil MBR, jika GPT maka nanti akan tampil informasi GPT.
demikian sedikit ilmu yang saya bagikan semoga bermanfaat, jangan lupa lihat Versi Video nya di channel saya, nama Channel Youtube nya yaitu SHARINGSE NET, jangan lupa DI SUBSCRIBE YA.... sampai jumpa di artikel berikut nya..

Posting Komentar untuk "cara mengetahui partisi hardisk laptop mbr atau gpt"