xml layout pada android studio

pada penjelasan kali ini saya akan membahas tentang layout yang terdapat pada android studio. dimana layout ini untuk membuat rancangan UI (user interface) pada aplikasi mobile android.

View dan ViewGroup

Sebuah activity berisi View dan Viewgroup. View adalah sebuah widget yang mempunyai tampilan pada layar. Contoh dari view adalah button, label dan textbox. Sebuah view diturunkan dari class Android dasar, yaitu android.view.View.
Satu atau lebih view dapat dikelompokkan secara bersama ke dalam sebuah ViewGroup. Sebuah ViewGroup menyediakan layout di mana kita dapat melakukan setting tampilan dan view yang ditampilkan secara berurutan. Sebagai contoh, sebuah View Group meliputi Linear Layout dan Frame Layout. Sebuah ViewGroup diturunkan dari kelas dasar android.view.ViewGroup. Android mendukung ViewGroup berikut: LinearLayout, AbsoluteLayout, TableLayout, RelativeLayout, FrameLayout, ScrollView.

Linear Layout

LinearLayout menyusun view dalam bentuk satu kolom atau satu baris. Child view dapat disusun secara vertikal atau horisontal.

AbsoluteLayout

Absolute layout memungkinkan kita untuk mengspesifikasikan lokasi pasti. Layout ini akan menjadi bermasalah jika aplikasi dijalankan pada layar yang mempunyai resolusi lebih tinggi.

RelativeLayout

Relative Layout memungkinkan kita untuk menspesifikasikan bagaimana child view diposisikan secara relatif antara satu dengan yang lain.  

FrameLayout

Frame Layout adalah sebuah bingkai pada layar yang dapat digunakan untuk menampilkan satu view. View yang kita tambahkan ke dalam sebuah FrameLayout selalu berada di kanan atau dari layout. 

Posting Komentar untuk "xml layout pada android studio"