perbedaan cd dan dvd

Keberadaan DVD maupun CD sangat membantu proses suatu penyimpanan data walaupun sekarang sudah mulai tidak booming lagi, karena sudah mulai tergeser oleh penyimpanan-penyimpanan data lainnya, seperti flasdisk, hardisk, dll.

semua yang telah menggunakan DVD atau CD pasti sudah tidak asing lagi apa itu yang namanya CD atau DVD,  sekarang ini Kehadiran DVD mulai menggeser CD.
namun apakah anda tahu bahwa antara DVD dan CD ada perbedaanya? Berikut ini adalah pengertian dan perbedaan antara DVD dan CD :


CD R

ini adalah tempat penyimpanan data yang memiliki kapasitas cuma 700MB (mega byte), kecil kan,


CD RW

kapasitas penyimpanannya sama dengan CD R, namun yang membedakan antara CD R Dan CD RW yaitu jika anda menyimpan data didalam CD R maka data tersebut tidak bisa dihapus lagi/ data yang terdapat didalam CD R tersebut sudah permanen.
sedangkan CD RW data yang kita simpan bisa sewaktu-waktu kita hapus.


DVD R

ini sama dengan CD R, cuman yang membedakan yaitu di DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar 4,6Gb.


DVD RW

tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB (lumayan besar kan kalau dibandingkan dengan CD R atau CD RW). 
Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). 
Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, dan jarak antaran harganya tidak terlalu jauh.


CD ROM VS DVD ROM


CD ROM

merupakan sebuah Hardware yang digunakan untuk membaca data media CD atau data yang tersimpan didalam sebuah CD.
CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating System), Game, atau Software-software lainnya. atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.



DVD ROM

yaitu Digital Versatile Disc. DVD sendiri hampir sama dengan CD ROM, akan tetapi DVD memiliki 
kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan CD. DVD ROM dapat memainkan piringan dari DVD yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan kepingan CD. Kepingan DVD biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB. 


fungsi DVD ROM Drive

Drive berarti penggerak atau pemutar. DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.
perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD.

Dalam DVD ada dua bagian format yang sangat penting, yaitu Physical Formats (Format Fisik) dan Application Format  (Format aplikasi). Yang dimaksud dengan format fisik adalah DVD ROM, DVD-R/RW, DVD+R/RW, dan DVD-RAM. Format ini memiliki  kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Sedangkan yang dimaksud dengan format aplikasi adalah, DVD video yang disebut DVD juga lalu ada yang disebut DVD Audio, DVD Stream Recording dan ada juga yang disebut Super Audio CD (SACD). 
Selain itu ada juga format aplikasi yang dipergunakan khusus untuk Games seperti Microsoft Xbox, Sony Play-Station 2.

mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai tentang pengertian dan fungsi CD Room dan DVD Rom.

Posting Komentar untuk "perbedaan cd dan dvd"