memahami tentang pengertian rekursif pada bahasa c

disini saya akan menjelaskan tentang rekursif di pemrograman C, bagi anda yag ingin membuat program dengan bahasa c++ dan menggunakan rekursif bacalah artikel ini mungkin anda nanti bisa mengetahui cara penggunaanya

Rekursif

method yang memanggil dirinya sendiri baik secara langsung maupun secara tidak langsung. fungsi yang memanggil dirinya secara langsung atau lewat fungsi lain disebut fungsi rekursif. proses pemangggilan diri itu disebut rekursi (recurtion).

rekursif sangat memudahkan untuk memecahkan permasalahanyang kompleks. ciri masalah yang dapat dielesaikan secara rekursif adalah masalah itu dapat direduksi menjadi satu atau lebih masalah-masalah serupa yang lebih kecil.

sifat-sifat rekursif :
pertama :
dapat digunakan ketika inti dari masalah terjadi berulang kali

kedua :
sediki lebih efisien dari iterasi tapi lebih elegan

ketiga :
method-methodnya dimungkinkan untuk memanggil dirinya sendiri

keempat :
data yang berada dalam method tersebut seperi argumen disimpan sementara kedalam stack sampai method pemanggilnya diselesaikan

secara umum algoritma rekursif selalu mengandung dua macam kasus :
pertama :
kasus induksi : satu atau lebih kasus yang pemecahan masalahnya dilakukan dengan menyelesaikan masalah serupa yang lebih sederhana (yaitu menggunakan rekursif calls).

kedua :
kasus dasar atau kasus penyetop (base case) : satu atau lebih kasus yang sudah sederhana sehingga pemecahan masalahnya tidak perlu lagi menggunakan recursive calls, supa tidak terjadi rekursi yang tak terhingga, setiap langkah rekursi haruslah mengarah ke kasus penyetop (base case).

aturan rekursif :

- definisikan base case : yang dapat memproses input tanpa perlu recursive lagi
- pada bagian rekursif pastikan akan bergerak menuju base case.
- asumsikan bahwa pemanggilanrekursif terhadap sub problem berjalan benar
- hindari duplikasi proses untuk nilai input yang sama dalamrecursive call yang terpisah
- bila memungkinkan lakukan tail recursive


diatas adalah sedikit teori tentang pengertian dan hal-hal yang harus di perhatikan dalam rekursif sebelum mulai membuat program.


Posting Komentar untuk "memahami tentang pengertian rekursif pada bahasa c"