cara menjalankan emulator bawaan android studio

seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial sebelumnya mengenai emulator, menggunakan emulator bawaan android studio sangatlah berat, akan lebih ringan menggunakan emulator HP android, bluestacks, Genymotion, dll.

disini saya sarankan anda untuk menggunakan emulator bluestack, bluestack sendiri merupakan emulator Android yang mengizinkan penggunanaya untuk mendownload, membuka, memainkan berbagai macam game serta aplikasi Android. BlueStacks cukup populer dikalangan pecinta Android karena kemudahan tampilannya dan performanya yang cukup bagus, walaupun beberapa pengguna mengeluhkan proses installasi & uninstall BlueStacks. 

untuk menginstall dan menjalankan BlueStacks pengguna harus memiliki spesifikasi yang cukup karena dengan hanya RAM 1 GB anda tidak akan bisa menginstall BlueStacks di laptop anda, minimal RAM yang dibuuhkan adalah 2 GB Namun tahukah kalian bahwa selain BlueStacks terdapat emulator Android lainnya yang bisa anda jadikan alternatif BlueStacks.

namun disini saya akan menjelaskan cara membuat dan menjalankan emulator bawaan dari android studio, tampilannya kurang lebih sbb:


langkah-langkah:

1. buka android studio anda dan buatlah projek baru
pada tampilan android studio pilih AVD Manager

kemudian akan muncul dialog  your Virtual Devices silahkan klik Create Virtual Devices

setelah anda klik Create Virtual Devices maka akan muncul didalog select hardware silahkan anda pilih kategori, versi dan klik next

kemudian akan muncul dialog system image
pilih versi OS yang nanti akan anda buat (pastikan versi OS sudah terinstall di SDK anda), jika sudah memilih versi OS kemudian klik next

kemudian nanti akan muncul dialog lagi Android Virtual Devices, pilihlah show advanced settings
lalu rubahlah RAM menjadi 512, dan klik next. selanjutnya silahkan tunggu proses pembuatannya sampai selesai.

setelah pembuatannya selesai maka akan tampil pada Your Virtual devices

untuk menjalankannya klik segitiga hijau, dan tunggu proses menjalankan emulatornya hingga selesai. (butuh waktu lumayan lama, tergantung spesifikasi laptop anda). saran saya seperti yang sudah saya jelaskan diatas di turuti saja, gunakan hp android anda saja atau bluestack.

Posting Komentar untuk "cara menjalankan emulator bawaan android studio"