cara mengatasi tanggal, jam dan tahun komputer yang sering berubah

pernahkan anda mengalami perubahan jam, tanggal, tahun yang ada dilaptop kita berubah sewaktu kita menghidupkan laptop/komputer tapi jam tersebut berubah/idak sesuai? jika anda pernah mengaami maka anda sama seperti saya.

Seringkali kita mengalami adanya perubahan jam dan tanggal pada komputer kita. Walaupun sudah dirubah, namun kadang jam dan tanggal tersebut kembali lagi berubah setelah komputer dihidupkan kembali. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas komputer yang lainnya yang membutuhkan pengaturan waktu.

jam dan tanggal komputer yang sering berubah disebabkan karena baterai CMOS yang sudah rusak. Baterai ini berada pada motherboard. Untuk menggantinya anda bisa membeli baterai ini seharga 5000 sampai 20 ribu rupiah, tergantung kualitas baterai tersebut.
Setelah anda mengganti baterai tersebut maka komputer anda akan normal kembali jam dan tanggalnya. Apabila masih belum normal, kemungkinan terjadi kerusakan pada motherboard anda.

tak hanya permasalah di atas, berubahnya jam, tanggal, dan tahun bisa menyebabkan eror sewaktu kita mau menggunakan internet, http:// menjadi silang, itu disebabkan windows tidak bisa mengidentifikasi (kadaluarsa) sesuai tahun saat ini.  
namun disini saya akan berbagi tips untuk anda praktikkan (jika berhasil ya bersukur, jika tetap berubah ya kemungkinan anda harus ganti baterai CMOS anda)


apa fungsi baterai CMOS yang ada di laptop/komputer kita?


baterai cmos merupakan baterai kecil yang terpasang pada matherboard kompuer anda. setiap komputer mauput laptop pasti memiliki baterai cmos/baterai kecil di matherboard yang digunakan untuk memberi pengaturan vital agar tidak terjadi perubahan pada komputer, seperti dalam mengingat segala hal seperti contoh settingan waktu dan tanggal yang ada di laptop/komputer.



langkah
1. klik tampilan jam yang berada di pojok bawah kanan pc anda kemudian pilih change date and time settings
mengatasi jam tanggal tahun komputer sering berubah

kemudian pilih Internet time->change setting
rubah pada internet time settings dengan cara klik update now, atau rubahlah menjadi time.windows.com
klik ok, ok, dan ok

Posting Komentar untuk "cara mengatasi tanggal, jam dan tahun komputer yang sering berubah"